Kompas TV internasional kompas dunia

Edukasi Pemilih di Luar Negeri, Konjen RI Hong Kong Gelar Sarasehan Gerakan Memilih Cerdas

Kompas.tv - 26 September 2023, 15:31 WIB
edukasi-pemilih-di-luar-negeri-konjen-ri-hong-kong-gelar-sarasehan-gerakan-memilih-cerdas
Ilustrasi pemilu. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Konsulat Jenderal RI Hong Kong merangkap Macau, Wilayah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok, menggelar sarasehan Gerakan Cerdas Memilih.

Kegiatan sarasehan itu dilaksanakan di Ruang Ramayana KJRI Hong Kong, Wilayah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok, pada Minggu (24/9/2023), bekerja sama dengan  LPP RRI Voice of Indonesia.

Menurut Kepala Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Stasiun Luar Negeri (Voice of Indonesia), Soleman Yusuf, warga negara Indonesia di luar negeri perlu mengetahui dan memahami nilai penting dari penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu).

Baca Juga: Zikir dan Doa Bersama Menyongsong Pemilu

Ia berharap, dengan adanya kegiatan Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih tersebut dapat mengedukasi pemilih tentang pentingnya pemilu.

“Sarasehan Gerakan Cerdas Memilih berupaya memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri, termasuk hampir 200 ribu orang yang tinggal di Hong Kong dan Macau,” kata Soleman, dikutip dari keterangan tertulis.

Dia menambahkan, partisipasi aktif pemilih luar negeri dalam memilih pemimpin bangsa pada pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti sangat penting menentukan masa depan bangsa dan negara.

"Memilih para pemimpin bangsa kita itu menjadi penentu bagi keberlanjutan masa depan kita," imbuhnya.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, merupakan komitmen Voice of Indonesia dalam mendampingi pemilih khususnya pemilih muda menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, dengan cara memberikan informasi yang benar, mendidik, dan mencerdaskan terkait Pemilu 2024.

Baca Juga: Pantau Distribusi Logistik Pemilu, Pos Indonesia Siapkan Dashboard Khusus

"Agar warga negara kita menjadi pemilih yang cerdas, maka mereka harus mengerti aturannya, prosesnya, dan memahami calon pemimpin seperti apa yang ingin dipilih. Nah, itu merupakan tugas LPP RRI Voice of Indonesia untuk menyajikan informasi yang benar," kata Soleman.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x