Kompas TV internasional kompas dunia

Tewasnya Prigozhin Bos Wagner Tetap Gelap, Kremlin Bungkam soal Penyelidikan Jatuhnya Pesawat

Kompas.tv - 23 September 2023, 18:30 WIB
tewasnya-prigozhin-bos-wagner-tetap-gelap-kremlin-bungkam-soal-penyelidikan-jatuhnya-pesawat
Video amatir menunjukkan pesawat yang diduga ditumpangi bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, menukik tajam sebelum jatuh, Rabu (23/8/2023). Setelah Prigozhin tewas, Kremlin berhasil menjaga kematian bos Wagner yang bermulut tajam ini sebanyak mungkin. Hal itu terlihat dari absennya Putin di pemakamannya dan penjagaan ketat di Pemakaman Porokhovskoye di St Petersburg. (Sumber: TELEGRAM/GREY ZONE Via BBC & The Sun)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Insiden jet pribadi Yevgeny Prigozhin jatuh ke sebuah lapangan di barat laut Moskow masih menjadi misteri. Para pemimpin militer Rusia yang rencananya digulingkan oleh pemberontakan bersenjatanya tetap berkuasa. Pasukan tentara bayarannya kini berada di bawah manajemen baru.

Presiden Vladimir Putin, yang kewibawaannya terguncang oleh pemberontakan singkat itu, tetap kuat seperti sebelumnya, dan kematian Prigozhin yang membara mengirimkan pesan yang menggigil kepada siapa pun yang menantangnya.

Setelah Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat yang mencurigakan, tampaknya Kremlin berhasil menjaga kematian bos Wagner yang bermulut tajam ini sebanyak mungkin. Strategi ini ditekankan oleh absennya Putin di pemakamannya dan pasukan yang mencegah media masuk ke Pemakaman Porokhovskoye di St. Petersburg untuk pemakamannya pada 29 Agustus, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Sabtu (23/9/2023).

Pemakaman Prigozhin adalah "puncak dari operasi rahasia yang bertujuan untuk mengeliminasinya," kata Tatiana Stanovaya, seorang peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Center. Hal itu dilakukan di bawah pengawasan ketat dari lembaga keamanan, "diselimuti oleh kerahasiaan dan melibatkan taktik penipuan," katanya.

Karangan bunga bermunculan di beberapa kota untuk menghormati Prigozhin yang berusia 62 tahun, tetapi mereka diam-diam dihapus oleh pihak berwenang. Billboard rekrutmen untuk Kelompok Wagner menghilang tidak lama setelah pemberontakan meredup.

Dalam penistaan lebih lanjut, seseorang mencuri sebuah biola yang ditinggalkan di makamnya, sebagai penghormatan kepada nama kelompok tentara bayaran itu, komposer Jerman Richard Wagner. Seorang pria lain mencoba, tetapi gagal mencuri palu yang ditempatkan di sana, simbol Wagner lainnya setelah kelompok ini membanggakan penggunaan alat seperti itu untuk memukul pengkhianat sampai mati.

Sekarang, kamera pengawas dipasang di pohon terdekat dan penjaga 24 jam memantau makam Prigozhin yang terawat dengan baik, yang pada Jumat ditutupi dengan bunga dan ucapan selamat tertulis. Para pekerja pemakaman mengatakan ada aliran pengunjung yang stabil.

Baca Juga: Dua Jenderal Senior Rusia Keliling Menggalang Afrika Usai Tewasnya Bos Wagner Yevgeny Prigozhin

Jenderal Sergei Surovikin. Setelah Prigozhin tewas, Kremlin berhasil menjaga kematian bos Wagner yang bermulut tajam ini sebanyak mungkin. Hal itu terlihat dari absennya Putin di pemakamannya dan penjagaan ketat di Pemakaman Porokhovskoye di St. Petersburg. (Sumber: AP Photo)

Dari Keberhasilan Pertempuran Bakhmut Hingga Gagalnya Pemberontakan

Prestasi perang terbesar Prigozhin, menguasai kota Ukraina timur Bakhmut pada bulan Mei setelah berbulan-bulan pertempuran berdarah, kini terancam. Pasukan Kiev berupaya merebutnya kembali dalam serangan balik mereka untuk memberikan pukulan psikologis kepada Rusia.

Namun, tentara bayaran swasta yang pernah memiliki puluhan ribu tentara adalah aset berharga yang ingin dieksploitasi Kremlin, dan pejabat Rusia mempertimbangkan kemungkinan mengirim personel Wagner kembali ke Ukraina.

Prigozhin meluncurkan pemberontakan pada 23-24 Juni, bertekad menggulingkan kepemimpinan Kementerian Pertahanan Rusia yang dia salahkan atas kesalahan dalam memperjuangkan perang di Ukraina. Pasukannya merebut kantor militer selatan Rusia di Rostov-on-Don dan kemudian bergerak menuju Moskow sebelum tiba-tiba menghentikan pemberontakan.

Putin menyebut mereka sebagai "pengkhianat," tetapi Kremlin dengan cepat bernegosiasi untuk mengakhiri pemberontakan dengan imbalan amnesti dari penuntutan. Para tentara bayaran ditawari pilihan untuk pensiun dari dinas, pindah ke Belarus, atau menandatangani kontrak baru dengan Kementerian Pertahanan.

Tepat dua bulan setelah dimulainya pemberontakan, pesawat yang membawa Prigozhin dan letnannya yang paling tinggi jatuh pada 23 Agustus saat terbang dari Moskow ke St. Petersburg, menewaskan semua 10 orang di dalamnya.


Penyelidikan kemudian diluncurkan, tetapi belum ada temuan yang dirilis. Moskow menolak tawaran dari Brasil, tempat jet bisnis Embraer dibangun, untuk bergabung dalam penyelidikan tersebut.

Penilaian intelijen AS awal menyimpulkan jatuhnya pesawat Prighozhin hasil dari ledakan yang disengaja. Pejabat Barat menunjuk ke sejumlah panjang daftar musuh Putin yang telah dibunuh. Kremlin menyebut tuduhan bahwa Putin berada di balik kecelakaan itu sebagai "kebohongan mutlak."

Sehari setelah kecelakaan itu, Putin memberikan penghormatan yang datar bagi Prigozhin dalam ucapan singkat yang ditayangkan di televisi, mengatakan telah mengenalnya sejak awal 1990-an. Prigozhin adalah "seorang pria yang nasibnya sulit" yang telah "melakukan kesalahan serius dalam hidupnya," katanya, tanpa menunjukkan emosi apa pun.

Ditanya minggu lalu mengapa penyelidikan resmi tidak menghasilkan hasil apa pun, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menjawab dengan singkat bahwa itu adalah "penyelidikan yang sulit."

Baca Juga: Muncul Video Baru Bos Wagner Prigozhin Sebelum Tewas Kecelakaan Pesawat, Mengaku Ada di Afrika

Kepala Staf Umum Valery Gerasimov, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Setelah Prigozhin tewas, Kremlin berhasil menjaga kematian bos Wagner yang bermulut tajam ini sebanyak mungkin. Hal itu terlihat dari absennya Putin di pemakamannya dan penjagaan ketat di Pemakaman Porokhovskoye di St. Petersburg. (Sumber: Sputnik News/Mikhail Metzel)

Usai Pesawatnya Jatuh, Kini Perhitungan

Meskipun ada kerusakan yang disebabkan oleh pemberontakan bagi Putin, kematian Prigozhin adalah sinyal kuat kepada elit Rusia tentang tantangan terhadap otoritasnya. Sementara itu, pejabat Rusia, dengan cepat mengambil alih personel dan aset perusahaan.

Wakil Menteri Pertahanan Kolonel Jenderal Yunus-Bek Yevkurov memimpin delegasi ke Suriah, Libya, Republik Afrika Tengah, dan negara-negara lain di mana Wagner beroperasi untuk memberi tahu pemimpin mereka bahwa Kementerian Pertahanan akan mengambil alih pekerjaan itu.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x