Kompas TV internasional kompas dunia

Puing-Puing Jet Tempur Siluman F-35 yang Hilang Ditemukan

Kompas.tv - 19 September 2023, 19:15 WIB
puing-puing-jet-tempur-siluman-f-35-yang-hilang-ditemukan
Ilustrasi. Sebuah jet tempur siluman F-35 Lightning II bikinan Lockheed Martin tampak melakukan demonstrasi di Paris Air Show, Le Bourget, Paris, Prancis, 20 Juni 2017. Pada Minggu (17/9/2023), sebuah F-35 dilaporkan hilang misterius usai pilotnya melontarkan diri di South Carolina, AS. (Sumber: AP Photo/Michel Euler, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

CHARLESTON UTARA, KOMPAS.TV - Puing-puing pesawat jet tempur siluman F-35 yang jatuh di Carolina Selatan, Amerika Serikat (AS), ditemukan pada Senin (18/9/2023) waktu setempat.

Dilansir dari Associated Press, Selasa (19/9/2023), puing-puing tersebut ditemukan setelah militer meminta bantuan masyarakat untuk ikut mencari jet tempur yang dirancang tidak terdeteksi itu.

Puing-puing tersebut ditemukan di Williamsburg County, sekitar dua jam di timur laut Pangkalan Gabungan Charleston. Masyarakat diminta menghindari daerah tersebut sementara tim pemulihan berupaya mengamankannya.

“Kami mentransfer komando insiden ke USMC (Korps Marinir AS) malam ini, saat mereka memulai proses pemulihan,” tulis pernyataan Pangkalan Gabungan Charleston di X (Twitter).

Pihak berwenang terus mencari keberadaan jet tersebut sejak pilotnya yang belum diketahui namanya itu dievakuasi ke tempat yang aman di lingkungan North Charleston sekitar jam 2 siang pada hari Minggu (17/9/2023) waktu setempat.

Menurut Mayor Marinir Melanie Salinas, pilot telah dibawa ke rumah sakit dan kondisinya stabil.

“Kecelakaan tersebut saat ini sedang diselidiki, dan kami tidak dapat memberikan rincian tambahan untuk menjaga integritas proses penyelidikan,” kata Korps Marinir AS dalam pernyataan resminya, Senin malam.

Baca Juga: Jet Tempur Siluman F-35 Hilang Misterius, Anggota Dewan Sindir Marinir AS: kok malah Tanya Warga?

Sebelumnya, Korps Marinir AS juga mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan operasi penerbangan selama dua hari setelah kecelakaan jet tempur F-35 itu, yang merupakan kecelakaan ketiga dalam beberapa minggu terakhir.

Jenderal Eric Smith, penjabat komandan Korps Marinir, memerintahkan penghentian sementara pihak berwenang mencari di dekat dua danau Carolina Selatan dalam pencarian pesawat FB-35B Lightning II yang hilang.

Para komandan menambahkan bahwa mereka akan memperkuat kebijakan, praktik dan prosedur penerbangan yang aman bagi marinir mereka.

Pada bulan Agustus lalu, tiga marinir AS tewas dalam kecelakaan pesawat tiltrotor V-22B Osprey selama latihan di Australia, dan seorang pilot Korps Marinir tewas ketika jet tempurnya jatuh di dekat pangkalan San Diego selama penerbangan pelatihan.


Sementara mengenai penyebab pilot melontarkan diri dari pesawat jet tempur siluman F-35, Kopral Christian Cortez, seorang marinir di Sayap Pesawat Laut ke-2, mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam penyelidikan.

Diketahui, pesawat F-35 dan pilotnya berada di Skuadron Pelatihan Serangan Tempur Laut 501 dengan Sayap Pesawat Laut ke-2 yang berbasis di Beaufort, dekat pantai Carolina Selatan. 

Baca Juga: Penampakan Lokasi Jatuhnya Jet Tempur Siluman F-35 Milik AS

 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x