Kompas TV internasional kompas dunia

KTT G20 Capai Kompromi, India Jembatani Perbedaan di Tengah Ketegangan Barat-Rusia

Kompas.tv - 10 September 2023, 20:10 WIB
ktt-g20-capai-kompromi-india-jembatani-perbedaan-di-tengah-ketegangan-barat-rusia
Presiden RI Joko Widodo (kiri), Perdana Menteri India Narendra Modi (tengah), dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kanan) berziarah ke Rajghat, monumen peringatan untuk Mahatma Gandhi, di sela KTT G20 di New Delhi, India, Minggu (10/9/2023). (Sumber: Kenny Holston/Pool The New York Times via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Presidensi G20 India dinilai sukses menjembatani perbedaan yang ada antara negara-negara anggota akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi sukses mengumumkan pernyataan bersama yang disetujui seluruh anggota, sehari sebelum KTT G20 di New Delhi berakhir pada Minggu (10/9/2023).

Sebelum KTT berlangsung, berbagai pihak meragukan India di tengah ketegangan Barat vs Rusia belakangan ini. Namun, pada akhirnya dinilai berhasil memimpin G20 mencapai kompromi untuk menghadapi masalah-masalah global.

Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak menilai pernyataan bersama yang dihasilkan KTT G20 India memuat pesan "sangat kuat." Deklarasi ini juga disetujui oleh Rusia dan China.

Sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz menyebut KTT G20 sebagai "keberhasilan diplomasi India." Suksesor Angela Merkel itu menyebut "banyak pihak yang berpikir ini tidak mungkin sebelumnya."

Baca Juga: PM Narendra Modi Pakai Plakat Nama Bharat di KTT G20, Bukan India

Associated Press melaporkan, pernyataan bersama yang dihasilkan KTT G20 India memuat redaksi lebih lunak dibandingkan komunike KTT G20 Indonesia. Pernyataan bersama yang dihasilkan di New Delhi tidak secara langsung menunjuk Rusia.

Alih-alih, pernyataan bersama G20 di New Delhi mengutip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berbunyi, "semua negara harus menahan diri dari pengerahan kekuatan atau ancaman untuk mengambil alih wilayah yang bertentangan dengan integritas teritorial dan kedaulatan atau kemerdekaan politis setiap negara."

Meskipun demikian, semua anggota G20 menyetujui pernyataan bersama tersebut. India pun dinilai menuai kesuksesan diplomatis dengan KTT ini.

"Ini adalah deklarasi (G20) pertama tanpa satu pun catatan kaki atau catatan ketua," kata juru runding India di G20, Amitabh Khan, seperti dilansir Associated Press, Minggu.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x