Kompas TV internasional kompas dunia

Skuad Timnas Maroko Donor Darah untuk Korban Gempa, Achraf Hakimi Ajak Semua Orang Ikut Donor

Kompas.tv - 10 September 2023, 15:25 WIB
skuad-timnas-maroko-donor-darah-untuk-korban-gempa-achraf-hakimi-ajak-semua-orang-ikut-donor
Pemain TImnas Maroko, Achraf Hakimi mendonorkan darah untuk korban luka gempa Maroko. (Sumber: Twitter Achraf Hakimi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

RABAT, KOMPAS.TV - Para pemain Timnas Maroko dilaporkan mendonorkan darah mereka untuk korban gempa M6,8 yang melanda negara itu pada Jumat (8/9/2023) malam waktu setempat. Korban luka gempa Maroko yang mencapai ribuan disebut butuh bantuan donor darah segera.

Dalam video yang dibagikan laman Facebook Timnas Maroko pada Minggu (10/9/2023), terlihat bintang-bintang Singa Atlas seperti Sofyan Amrabat, Achraf Hakimi, hingga Yassine Bounou mendonorkan darah.

Baca Juga: Update Gempa Maroko: Telan Lebih dari 2.000 Jiwa, Angkatan Bersenjata Dikerahkan untuk Cari Korban

Melalui media sosialnya, Achraf Hakimi pun meminta semua orang mendonorkan darah untuk membantu korban gempa. Hakimi menyebut donor darah untuk membantu korban kritis akibat gempa merupakan tanggung jawab bersama.

"Saat ini, prioritasnya adalah menyediakan darah bagi mereka yang dalam kondisi kritis. Donor darah adalah tanggung jawab semua orang untuk menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa. Bantuan Anda penting," kata Hakimi dikutip Al Jazeera.


Sebelumnya, Pusat Transfusi Darah Regional Marrakesh, dekat episentrum gempa menyerukan warga untuk mendonor darah. Mereka mengaku kewalahan dengan stok darah yang menipis mengingat banyaknya korban luka.

Per Minggu (10/9) siang waktu Indonesia, Kementerian Dalam Negeri Maroko melaporkan bahwa korban gempa mencapai 2.012 tewas dan 2.059 terluka. Sebanyak 1.404 dari total korban luka dalam kondisi kritis.

Federasi sepakbola Maroko sendiri menunda pertandinga kualifikasi Piala Afrika lawan Liberia yang sedianya dilangsungkan pada Sabtu (9/9) karena gempa. Para pemain kemudian diketahui menggunakan waktu yang tersedia untuk donor darah.

Baca Juga: Kesaksian WNI di Maroko saat Gempa Besar Terjadi: Warga Berhamburan, Berteriak dan Takbir

 



Sumber : Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x