Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Luncurkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir, Ingin Tandingi Kekuatan AL AS

Kompas.tv - 8 September 2023, 15:04 WIB
korea-utara-luncurkan-kapal-selam-bersenjata-nuklir-ingin-tandingi-kekuatan-al-as
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (kedua dari kiri), melihat apa yang dikatakan kapal selam bersenjata nuklir baru Pahlawan Kim Kun Ok di tempat yang tidak ditentukan di Korea Utara, Rabu, 6 September 2023. (Sumber: KCNA / AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara, Jumat (8/9/2023), mengumumkan mereka telah meresmikan dan memberi nama kapal selam bersenjata nuklir yang mereka kembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

Associated Press melaporkan, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menyebutnya sebagai langkah krusial dalam upaya membangun angkatan laut bersenjata nuklir untuk menandingi Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya di Asia.

Kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency atau KCNA, menyatakan kapal tersebut, yang diberi nama "Pahlawan Kim Kun Ok" - dirancang mampu meluncurkan senjata nuklir taktis dari bawah air.

Namun, tidak disebutkan jumlah senjata nuklir yang dapat dibawa dan ditembakkan.

Pejabat Korea Selatan meragukan kapal selam itu akan berfungsi seperti yang dijelaskan Korea Utara dan mengatakan ada kemungkinan kapal selam tersebut belum siap untuk menjalankan tugas operasional.

Namun, pengembangan kapal selam ini menunjukkan bagaimana Korea Utara terus memperluas jangkauan gudang senjatanya dengan sistem yang lebih sulit untuk dihancurkan sebelumnya.

Berdasarkan komentar Kim Jong Un dan foto-foto media negara Korea Utara, kapal selam itu diduga sama dengan yang diperiksa oleh Kim pada 2019 saat sedang dalam pembangunan.

Saat itu, kapal tersebut dievaluasi oleh para ahli sebagai upaya untuk mengubah kapal selam kelas Romeo yang sudah ada.

Kapal selam tersebut tampaknya setidaknya dilengkapi 10 tabung peluncuran, empat di antaranya tampak lebih besar dari enam lainnya, yang mungkin dirancang untuk peluncuran misil.

"Kapal selam ini, meskipun sangat dimodifikasi, didasarkan pada teknologi Soviet tahun 1950-an dan akan punya keterbatasan. Namun, dalam hal mempersulit tantangan penargetan yang akan dihadapi AS dan sekutunya, kapal selam ini akan melayani tujuan Korea Utara," kata Ankit Panda, seorang ahli dengan Carnegie Endowment for International Peace.

Baca Juga: Gawat, Korea Utara Simulasikan Serangan Nuklir, Sebut Negara Gangster Korea Selatan Jadi Target


Sebelumnya, Korea Utara menguji berbagai jenis misil yang dirancang untuk ditembakkan dari kapal selam saat mereka mengejar kemampuan untuk melakukan serangan nuklir dari bawah air.

Secara teori, hal itu akan memperkuat daya cegah mereka dengan memastikan kemampuan pertahanan untuk membalas setelah menerima serangan nuklir di darat.

Kapal selam peluru kendali juga akan menambah ancaman maritim terhadap koleksi senjata bahan bakar padat yang sedang tumbuh di Korea Utara yang ditembakkan dari kendaraan darat dan dirancang untuk mengatasi pertahanan rudal Korea Selatan dan Jepang.

Namun, diperlukan waktu, sumber daya, dan peningkatan teknologi yang signifikan bagi negara yang berada di bawah sanksi itu untuk membangun setidaknya beberapa kapal selam yang dapat berlayar dengan tenang dan menjalankan serangan dengan andal, kata para analis.

Dalam pidato di upacara peluncuran kapal pada Rabu (6/9/2023) dan inspeksi di atas kapal pada Kamis, Kim Jong Un mengungkapkan kepuasannya karena negaranya telah memiliki kapal selam bersenjata nuklir sendiri untuk menandingi aset canggih angkatan laut AS, kata KCNA.

Pada Juli lalu, AS melabuhkan kapal selam bersenjata nuklir di Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak tahun 1980-an.

Kim mengatakan negaranya juga tengah berupaya membuat kapal selam yang bergerak dengan tenaga nuklir dan berencana mengubahnya dan kapal permukaannya yang sudah ada, agar bisa membawa senjata nuklir.

Ia menggambarkan pembangunan tentara yang mampu membawa senjata nuklir sebagai "tugas mendesak."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x