Kompas TV internasional kompas dunia

Pemimpin Asia Tenggara Gelar KTT ASEAN Besok, Dikepung Berbagai Masalah Rumit Kawasan

Kompas.tv - 4 September 2023, 09:04 WIB
pemimpin-asia-tenggara-gelar-ktt-asean-besok-dikepung-berbagai-masalah-rumit-kawasan
Para pemimpin Asia Tenggara yang dipimpin oleh tuan rumah Indonesia, Presiden Joko Widodo, berkumpul dalam KTT ASEAN terakhir mereka tahun ini, dikepung oleh isu-isu rumit yang memecah belah tanpa solusi yang jelas: konflik sipil mematikan di Myanmar, ketegangan baru di Laut China Selatan, dan persaingan lama antara Amerika Serikat dan China. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para pemimpin Asia Tenggara yang dipimpin oleh tuan rumah Indonesia, berkumpul dalam KTT ASEAN terakhir mereka tahun ini. Dalam pertemuan tahun ini, ASEAN dikepung oleh isu-isu rumit yang memecah belah tanpa solusi yang jelas. Isu-isu tersebu di antaranya, konflik sipil mematikan di Myanmar, ketegangan baru di Laut China Selatan, dan persaingan lama antara Amerika Serikat dan China.

KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan dimulai hari Senin (4/9/2023) pada tingkat menteri luar negeri dan akan dibuka pada tingkat kepala negara pada hari Selasa (5/9/2023) di Jakarta dengan pengamanan ketat. Ketidakhadiran Presiden AS Joe Biden, yang biasanya menghadiri pertemuan ini, dipandang akan menambah suasana suram seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Senin (4/9/2023).

Setelah diskusi pada hari Selasa, kepala negara ASEAN akan bertemu rekan-rekan Asia dan Barat dari Rabu hingga Kamis. Pertemuan ini menyediakan panggung lebih luas bagi AS dan China, serta sekutu-sekutu mereka, untuk berbicara tentang perdagangan bebas, perubahan iklim, dan keamanan global. Ini juga telah menjadi medan pertempuran bagi persaingan mereka.

Perdana Menteri China Li Qiang dijadwalkan akan bergabung dalam pertemuan tersebut, termasuk dalam KTT Asia Timur yang beranggotakan 18 negara. Di sana, ia akan bertemu dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris, yang akan datang menggantikan Biden, serta Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Meskipun melewatkan KTT ASEAN, Biden akan terbang ke Asia untuk KTT G20 di India, kemudian mengunjungi Vietnam untuk meningkatkan hubungan. Washington mengatakan Biden tidak mengabaikan prioritas geopolitik kawasan tersebut dan mengutip upaya presiden AS untuk memperdalam keterlibatan Amerika di wilayah tersebut.

"Sulit untuk melihat apa yang telah kita lakukan sebagai pemerintahan, sejak awal, dan menyimpulkan bahwa kita tidak tertarik pada Indo-Pasifik atau kita mengurangi prioritas bagi negara-negara Asia Tenggara dan hubungan-hubungan tersebut," kata John Kirby, juru bicara keamanan nasional, dalam konferensi pers pada Jumat di Washington.

Baca Juga: Wapres Amerika Serikat Kamala Harris akan Hadiri KTT ASEAN Jakarta

Para pemimpin Asia Tenggara yang dipimpin oleh tuan rumah Indonesia, Presiden Joko Widodo, berkumpul dalam KTT ASEAN terakhir mereka tahun ini, dikepung oleh isu-isu rumit yang memecah belah tanpa solusi yang jelas: konflik sipil mematikan di Myanmar, ketegangan baru di Laut China Selatan, dan persaingan lama antara Amerika Serikat dan China. (Sumber: AP Photo)

Bulan November tahun lalu, Biden menghadiri pertemuan KTT ASEAN di Kamboja dan pada Mei 2022, ia menerima delapan pemimpin blok tersebut di Gedung Putih untuk menunjukkan komitmen pemerintahannya terhadap wilayah tersebut saat menghadapi serangan Rusia ke Ukraina.

Pemerintahan Biden juga memperkuat aliansi keamanan di Indo-Pasifik, termasuk di Asia Tenggara, yang membuat China khawatir.

Marty Natalegawa, mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, mengungkapkan kekecewaannya atas ketidakhadiran Biden, tetapi mengatakan lebih mengkhawatirkan penurunan relevansi ASEAN.

"Ketidakhadiran Presiden AS, meskipun itu mengecewakan dan punya makna simbolis yang penting, bagi saya bukanlah yang paling mengkhawatirkan. Karena yang lebih mengkhawatirkan adalah kecenderungan struktural yang lebih mendasar bagi ASEAN untuk menjadi kurang menonjol," kata Natalegawa dalam wawancara dengan Associated Press.

Didirikan pada tahun 1967 pada era Perang Dingin, ASEAN punya prinsip non-intervensi dalam urusan domestik masing-masing negara anggotanya. ASEAN juga mengambil keputusan melalui jalan musyawarah dan konsensus, yang berarti bahkan satu anggota bisa menolak keputusan atau proposal yang tidak diinginkan.

Aturan dasar ini telah menarik keanggotaan yang sangat beragam, mulai dari demokrasi yang baru berkembang hingga monarki yang konservatif, tetapi juga menahan blok tersebut dari mengambil tindakan tegas terhadap kejahatan yang disetujui oleh negara.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN 2023, Jokowi Tinjau Venue hingga Pasukan TNI dan Polri Gelar Apel Pengamanan





Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x