Kompas TV internasional kompas dunia

Komandan Rusia yang Bertanggung Jawab atas Pembantaian Bucha Ditemukan di Ukraina, Ini Sosoknya

Kompas.tv - 3 September 2023, 09:49 WIB
komandan-rusia-yang-bertanggung-jawab-atas-pembantaian-bucha-ditemukan-di-ukraina-ini-sosoknya
Situasi salah satu kuburan umum di Bucha, Kiev, Ukraina yang sibuk sejak pasukan Rusia mundur dari daerah itu. Foto diambil pada 14 April 2022. (Sumber: Rodrigo Abd/Associated Press)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Ukraina akhirnya mengetahui siapa komandan Rusia yang bertanggung jawab atas pembantaian Bucha.

Badan Keamanan Ukraina (SBU) mengungkapkan telah mengidentifikasi komandan Rusia yang memerintahkan tentaranya menembaki warga sipil.

Pada pernyataannya Kamis (31/8/2023), SBU mengumumkan bahwa mereka tengah menyelidiki Vadym Ovchinnikov.

Baca Juga: Australia Kirim Misi Penyelamatan ke Antartika demi Evakuasi Peneliti yang Sakit

Ovchinnikov merupakan komandan dari kelompok intelijen Rusia, yang diduga memerintahkan menembaki keluarga Ukraina saat menduduki Bucha pada Maret 2022.

“Badan Keamanan telah menetapkan identitas dari penjajah Rusia yang terlibat dalam pembunuhan massal warga sipil di wilayah pendudukan di Kiev,” bunyi pernyataan SBU dikutip dari CNN.

“Pelakunya adalah Letnan Senio Vadym Ovchinnikov, komandan peleton pengintai Brigade Senapan Bermotor Terpisah ke-37 dari Tentara Gabungan ke-36 Distrik Militer Timur Federasi Rusia,” tambahnya.

SBU menuduh Ovchinnikov ikut ambil bagian langsung dalam perebutan Desa Severynivka, Motyzhyn dan Kopyliv di Distrik Bucha.

Ia juga berkeliling wilayah tersebut dengan kendaraan lapis baja untuk mengintimidasi penduduk setempat ditemani oleh bawahannya.

SBU menuduh bahwa pada penyerbuan di awal Maret, Ovchinnikov memerintahkan bawahannya menembaki dua mobil yang membawa warga sipil.



Sumber : CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x