Kompas TV internasional kompas dunia

Maskapai Turki Ini Sediakan Zona Khusus Dewasa yang Tak Ingin Terganggu Tangisan Anak-anak

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 08:10 WIB
maskapai-turki-ini-sediakan-zona-khusus-dewasa-yang-tak-ingin-terganggu-tangisan-anak-anak
Corendon Airlines akan menjual zona khusus dewasa yang tidak akan diduduki oleh anak-anak di bawah 16 tahun, pada penerbangan antara Amsterdam dan Curacao mulai bulan November 2023. Maskapai Turki ini mengatakan orang-orang yang bepergian tanpa anak akan mendapatkan suasana yang tenang, dan orang tua tidak perlu khawatir jika anak-anak mereka menangis akan mengganggu penumpang lainnya. (Sumber: Foto AP/Jens Meyer)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

DALLAS, KOMPAS.TV — Sebuah maskapai penerbangan berencana melakukan percobaan untuk mengetahui apakah turis yang menginginkan ketenangan bersedia untuk membayar biaya tambahan yang besar, demi terhindar duduk di dekat bayi atau anak kecil.

Corendon Airlines mengatakan, mereka akan menjual zona khusus dewasa, yang tidak akan diduduki oleh penumpang berusia 16 tahun ke bawah.

Penjualan tiket ini akan dilakukan pada penerbangan antara Amsterdam dan Curacao mulai bulan November mendatang. Penerbangan dari Amsterdam ke Curacao biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

Maskapai asal Turki ini mengatakan orang-orang yang bepergian tanpa anak akan mendapatkan suasana yang tenang, dan orangtua tidak perlu khawatir anak-anak mereka yang menangis atau gelisah akan mengganggu penumpang lainnya.

Baca Juga: Pemeringkatan Bounce soal Maskapai di Dunia: Japan Airlines Terbaik, Wings Air dan Lion Air Terburuk

Corendon mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan menyediakan 93 kursi reguler dan sembilan kursi dengan ruang kaki tambahan di zona dewasa di bagian depan jet Airbus A350, yang seluruhnya memiliki 432 kursi.

Sebuah dinding atau tirai akan memisahkan bagian tersebut dari bagian yang diisi anak-anak dan bayi.

Maskapai ini mengatakan di situs web-nya bahwa mereka akan membebankan biaya reservasi tambahan kepada penumpang sebesar 45 euro (sekitar Rp745.000) untuk zona tanpa anak, dan biayanya akan naik menjadi 100 euro (Rp1.655.000) untuk kursi dengan ruang kaki tambahan.

“Untuk maskapai penerbangan rekreasi kelas atas seperti Corendon, yang mungkin penuh dengan keluarga dengan anak kecil, saya melihat adanya daya tarik bagi seseorang yang bepergian tanpa anak untuk membayar ekstra agar bisa jauh dari mereka untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan,” kata Brett Snyder, seorang agen perjalanan dan penulis blog Cranky Flier.


Namun demikian, menurutnya orang yang duduk di belakang zona dewasa mungkin masih mendengar tangisan anak-anak.

“Jadi seperti dulu ketika Anda berada di baris terakhir di bagian zona dilarang merokok tetapi masih bisa mencium asapnya,” kata Snyder seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: 2 Maskapai Asia AJukan Izin Terbang ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Corendon bukanlah maskapai pertama yang mencoba bagian tanpa anak kecil. Scoot, maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Singapura, menjual zona yang penumpangnya harus berusia minimal 12 tahun.

Pada tahun 2012, Malaysia Airlines mengumumkan tidak akan mengizinkan siapa pun yang berusia di bawah 12 tahun untuk duduk di 70 kursi ekonomi di dek atas pesawat Airbus A380 milik mereka.

Maskapai ini kemudian mundur dari kebijakan tersebut, karena akhirnya terlalu banyak keluarga dengan anak-anak dan bayi yang berada di dek bawah. Karena di bagian bawah sudah terlalu penuh, akhirnya penumpang dengan anak-anak dipindahkan ke ruang di bagian ekonomi dewasa di lantai atas.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x