Kompas TV internasional kompas dunia

Mengharukan, Kisah Anak Chile yang Bertemu Ibunya setelah Diculik dari Inkubator 42 Tahun Lalu

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 20:05 WIB
mengharukan-kisah-anak-chile-yang-bertemu-ibunya-setelah-diculik-dari-inkubator-42-tahun-lalu
Jimmy Lippert Thyden tidur bersama kucingnya, Ruty, di rumah keluarga angkatnya saat masih kanak-kanak. Tahun pengambilan foto tidak diketahui. Pada 2023, Jimmy bertemu ibu kandungnya untuk pertama kali setelah menjadi korban perdagangan bayi 42 tahun lalu. (Sumber: Dok. Jimmy Thyden via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SANTIAGO, KOMPAS.TV - Jimmy Lippert Thyden akhirnya menuntaskan perjalanan panjang untuk bertemu ibu kandungnya yang terpisah darinya 42 tahun lalu. Pria yang kini menjadi warga negara Amerika Serikat (AS) tersebut sebelumnya belum pernah bertemu ibu kandungnya.

Jimmy, anak kandung Maria Angelica Gonzalez, dirampas dari gendongan sang ibu oleh petugas rumah sakit, 42 tahun lalu.

Petugas rumah sakit kemudian bilang anak Maria sudah mati, padahal diselundupkan ke luar negeri sebagai korban "adopsi paksa."

"Saya sangat mencintaimu," kata Jimmy saat bertemu ibunya, Maria, untuk pertama kalinya di Valdivia, Chile.

"Ini membuat saya begitu lemas. Saya sesak oleh beratnya momen ini," sambungnya.

"Pelukan seperti apa yang bisa menebus pelukan-pelukan yang hilang selama 42 tahun ini?"

Jimmy berhasil menemukan keluarga kandungnya berkat bantuan organisasi non-profit Chile, Nos Buscamos. Organisasi ini membantu keluarga yang terpisah karena kasus adopsi paksa.

Bersua karena Berita

Perjalanan yang tak pernah disangka Jimmy Lipper Thyden ini dimulai ketika ia membaca berita-berita tentang anak-anak Chile yang diadopsi di luar negeri dan dipertemukan dengan keluarga kandung mereka pada April lalu.

Jimmy kemudian terhubung dengan Nos Buscamos yang terlibat dalam mempertemukan keluarga-keluarga itu.

Organisasi tersebut kemudian menemukan bahwa Jimmy sebenarnya lahir di Santiago, Chile dan memiliki keluarga di negara itu.

Baca Juga: Gabriel Boric, Kandidat Berhaluan Kiri yang Menjadi Presiden Termuda Chile

Jimmy diketahui mesti dirawat di inkubator ketika lahir. Saat kelahirannya, sang ibu, Maria, disuruh pergi oleh pihak rumah sakit.

Namun, saat Maria kembali untuk menjemput anaknya, pihak rumah sakit menyatakan bayi yang kini menjadi Jimmy Lippert Thyden, telah mati.

"Berkas adopsi saya menerangkan bahwa saya tidak punya keluarga (kandung) yang masih hidup. Dan beberapa bulan belakangan, saya baru tahu bahwa saya punya seorang mama dan empat saudara laki-laki dan satu saudara perempuan," kata Jimmy, seperti dilansir Associated Press, Senin (28/8/2023).

Jimmy Korban Penculikan Bayi Era Pinochet

Organisasi Nos Buscamos memperkirakan ada puluhan ribu bayi yang dirampas dari keluarga-keluarga Chile pada 1970-an dan 1980-an. 

"Nyatanya, anak-anak ini dicuri dari keluarga-keluarga miskin, para perempuan melarat yang tidak tahu. Mereka tidak tahu cara membela diri sendiri," kata pendiri sekaligus direktur Nos Buscamos, Constanza del Rio.

Fenomena perdagangan anak ini adalah salah satu dari sekian banyak pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi sepanjang era Jenderal Augusto Pinochet (1973-1990).



Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.