Kompas TV internasional kompas dunia

Kronologi Kebakaran Kereta Api di India: Berawal Ada Penumpang Bawa Tabung Gas ke Gerbong, 9 Tewas

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 09:57 WIB
kronologi-kebakaran-kereta-api-di-india-berawal-ada-penumpang-bawa-tabung-gas-ke-gerbong-9-tewas
Para petugas pemadam kebakaran memegang tandu untuk membawa mayat-mayat dari gerbong kereta yang terbakar di Madurai, di negara bagian selatan India, Tamil Nadu, Sabtu, 26 Agustus 2023. Sebuah tabung gas yang diselundupkan oleh beberapa penumpang menyebabkan kebakaran yang menewaskan sembilan orang, menurut pernyataan dari Southern Railway. (Sumber: AP Photo )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Dilaporkan setidaknya sembilan orang tewas dan 20 orang lainnya mengalami luka usai terbakarnya sebuah kereta yang diparkir di stasiun kereta api Madurai, Tamil Nadu, pada Sabtu (26/8/2023).

Dilansir dari Associated Press, kebakaran terjadi sekitar pukul 5 pagi dan butuh waktu 2 jam bagi pemadam kebakaran untuk menjinakkan api. 

Untungnya, kebakaran yang mulai padam sekitar jam 7 pagi itu tidak merusak gerbong-gerbong kereta lain yang ikut diparkir di stasiun tersebut.

Sementara menurut laporan India Today, ada sekitar 65 penumpang dari Lucknow yang berada di dalam gerbong tersebut ketika terjadi kebakaran. Mayoritas penumpang berhasil diselamatkan.

Jenazah-jenazah korban dari kebakaran kereta tersebut juga sudah bisa dievakuasi oleh regu pemadam kebakaran.

Baca Juga: Wahana Antariksa Chandrayaan-3 Sukses Mendarat di Kutub Selatan Bulan, India Catatkan Sejarah

Terkait penyebab kebakaran, beberapa penumpang disebut menggunakan tabung gas masak yang dibawa ke kereta secara diam-diam untuk membuat teh dan makanan ringan.

"Sekitar pukul 5.30 pagi hari ini, terjadi kebakaran di sebuah gerbong yang berhenti di stasiun kereta Madurai," kata Kepala Distrik Madurai, MS Sangeetha.

"Ada para peziarah yang bepergian dari Uttar Pradesh di dalamnya. Ketika mereka menyalakan kompor gas untuk membuat kopi, tabung gas meledak. Sampai saat ini, kami telah mengambil sembilan mayat."

Adapun India menjadi salah satu negara terbesar untuk penggunaan kereta sebagai alat transportasi dengan ada sekitar 22 juta penumpang setiap harinya. 


Kecelakaan tabrakan kereta dan kebakaran kereta seringkali terjadi di India dan biasanya disebabkan oleh kurangnya pemeliharaan serta kesalahan manusia.

Pada bulan Juni lalu, tabrakan kereta terjadi di India dan menewaskan lebih dari 290 orang, yang menjadi salah satu kecelakaan kereta terburuk di negara tersebut. 

Baca Juga: Misi Pendaratan di Bulan Sukses, Narendra Modi: Ini Momen Bersejarah bagi India



Sumber : Associated Press/India Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x