Kompas TV internasional kompas dunia

Misi Pendaratan di Bulan Sukses, Narendra Modi: Ini Momen Bersejarah bagi India

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 21:17 WIB
misi-pendaratan-di-bulan-sukses-narendra-modi-ini-momen-bersejarah-bagi-india
Perdan Menteri India Narendra Modi saat menyampaikan pidato usai keberhasilan wahana antariksa Chandrayaan-3 mendarat di kutub selatan bulan, Rabu (23/8/2023). (Sumber: YouTube ISRO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut keberhasilan wahana antariksa tanpa awak Chandrayaan-3 mendarat di Bulan adalah momen bersejarah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Chandrayaan-3 milik India sukses melakukan pendaratan di Bulan pada Rabu (23/8/2023).

Keberhasilan itu lantas menjadi sejarah bagi India sebagai negara pertama yang sukses mendaratkan wahana antariksanya di wilayah kutub selatan Bulan. 

India pun tercatat sebagai negara keempat setelah Rusia, Amerika Serikat, dan China yang sukses melakukan pendaratan di Bulan.

Modi yang ikut memantau pendaratan di Bulan dari Afrika Selatan itu mengaku sangat bangga dengan pencapaian yang diraih negaranya.

"Ini adalah detak jantung dari 1,4 miliar orang. Ini adalah India baru, awal baru, pemikiran baru dari upaya baru," kata Modi dalam pidatonya secara virtual dikutip dari Sky News.

"Ini adalah ciri cahaya gemilang India - kami membuat janji dan kami memenuhinya di permukaan Bulan."

"Hari ini kita berada di luar angkasa, kita telah membuktikannya kepada dunia... [dan] pikiran dan hati saya ada pada misi Chandrayaan," ujarnya.

Baca Juga: Sudah Dimulai, Link Live Streaming Misi Pendaratan Pesawat Luar Angkasa India di Bulan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x