Kompas TV internasional kompas dunia

Tragedi Pembukaan Indian Ocean Island Games di Stadion Madagaskar, Setidaknya 12 Orang Mati Terimpit

Kompas.tv - 26 Agustus 2023, 16:27 WIB
tragedi-pembukaan-indian-ocean-island-games-di-stadion-madagaskar-setidaknya-12-orang-mati-terimpit
Ilustrasi jenazah. Insiden saling berimpitan di Stadion Mahamasina Madagaskar saat upacara pembukaan Indian Ocean Island Games menewaskan sedikitnya 12 orang. Per Jumat (25/8/2023), Perdana Menteri Madagaskar Christian Ntsay menyebut juga terdapat 80 korban luka, 11 di antaranya kritis. (Sumber: THINKSTOCK/KOMPAS.COM)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

ANTANANARIVO, KOMPAS.T V - Insiden saling berimpitan di Stadion Mahamasina Madagaskar saat upacara pembukaan Indian Ocean Island Games menewaskan sedikitnya 12 orang. Per Jumat (25/8/2023), Perdana Menteri Madagaskar Christian Ntsay menyebut juga terdapat 80 korban luka, 11 di antaranya kritis.

Presiden Madagaskar Andry Rajoelina datang ke upacara pembukaan di ibu kota Antananarivo tersebut. Rajoelina meminta hadiri mengheningkan cipta untuk para korban insiden pembukaan Indian Ocean Island Games.

Baca Juga: KBRI Antananarivo Laksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi di Madagaskar

Sekitar 50.000 penonton diperkirakan mendatangi stadion tersebut pada Jumat (25/8). Insiden saling injak dan berimpitan ini terjadi di pintu masuk stadion.

Stadion Mahamasina sendiri didesain untuk menampung sekitar 41.000 orang. Stadion ini sebelumnya dua kali menjadi tempat insiden kerumunan.

Pada 2018 lalu, ketika laga kualifikasi Piala Afrika antara Madagaskar vs Senegal, satu orang tewas dan 37 terluka karena saling berimpitan di Stadion Mahamasina. Sedangkan pada 2019, setidaknya 15 orang tewas dalam konser musik di stadion yang sama.

Baca Juga: Update Tragedi Kanjuruhan: MA Batalkan Vonis Bebas, 2 Polisi Terdakwa Jalani Hukuman Penjara
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x