Kompas TV internasional kompas dunia

Jubir Putin Bantah Kremlin Terlibat Kecelakaan Pesawat yang Tewaskan Bos Wagner Prigozhin

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 19:39 WIB
jubir-putin-bantah-kremlin-terlibat-kecelakaan-pesawat-yang-tewaskan-bos-wagner-prigozhin
Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, membantah tudingan bahwa Kremlin berada di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan pimpinan tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada
Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, membantah tudingan bahwa Kremlin berada di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan pimpinan tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin. (Sumber: AP Photo)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, membantah tudingan bahwa Kremlin berada di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan pimpinan tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin.

“Saat ini, tentu saja, ada banyak spekulasi seputar kecelakaan pesawat dan kematian tragis para penumpang pesawat, termasuk Yevgeny Prigozhin,” kata Peskov kepada wartawan, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Prigozhin Diduga Tewas dalam Insiden Pesawat, Zelenskyy: Semua Orang Paham Siapa Pelakunya

“Tentu saja, spekulasi tersebut tidak benar. Semua itu bohong belaka,” sambungnya.

Kematian Prigozhin hingga kini masih menyisakan misteri. Namanya memang ada pada manifes atau daftar penumpang pesawat yang jatuh, tetapi belum ada bukti yang menguatkan soal kematiannya.

Terkait hal itu, Dmitry Peskov mengatakan bahwa proses penyelidikan masih berlangsung, termasuk analisis forensik dan pengujian genetik yang diperlukan.

“Setelah beberapa kesimpulan resmi siap untuk dirilis, kesimpulan tersebut akan dirilis,” ucap dia.


Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Yevgeny Prigozhin diduga tewas dalam kecelakaan pesawat saat hendak terbang dari Moskow ke St Petersburg, Rabu (23/8/2023).

Badan penerbangan sipil Rusia, Rosaviatsia, mengatakan bahwa Prigozhin berada dalam pesawat itu dan namanya masuk dalam manifes pesawat.

“Berdasarkan data maskapai, penumpang yang berada di pesawat Embraer-13 itu termasuk Prigozhin Yevgeny,” demikian pernyataan dari Rosaviatsia, Rabu.

Spekulasi pun bermunculan. Intelijen Amerika Serikat (AS) menyebutkan bahwa pesawat itu jatuh karena ledakan yang disengaja. Prigozhin disebut menjadi sasaran oleh Putin yang mencoba membungkam pengkritiknya.

Baca Juga: Intelijen AS Sebut Yevgeny Prigozhin Jadi Target Pembunuhan, Klaim Petunjuk Mengarah ke Putin

Ada pula yang mengatakan bahwa kematian Prigozhin itu merupakan pembalasan Putin atas pemberontakan yang dilakukan oleh Wagner pada bulan Juni lalu.

Presiden AS Joe Biden juga meyakini Vladimir Putin ada di balik kecelakaan itu. Dia sendiri mengaku tak terkejut dengan kabar kematian Prigozhin.

“Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, tapi saya tidak terkejut. Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin. Tapi saya tidak cukup tahu untuk mengetahui jawabannya,” kata Biden, Rabu.



Sumber : Sky News


BERITA LAINNYA



Close Ads x