Kompas TV internasional kompas dunia

Intelijen AS Sebut Yevgeny Prigozhin Jadi Target Pembunuhan, Klaim Petunjuk Mengarah ke Putin

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 09:07 WIB
intelijen-as-sebut-yevgeny-prigozhin-jadi-target-pembunuhan-klaim-petunjuk-mengarah-ke-putin
Potret bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, diletakkan bersama bunga dukacita di dekat bekas markas Wagner Group di St. Peterseburg, Rusia, Kamis (24/8/2023). Prigozhin diduga tewas dalam insiden penerbangan pada Rabu (24/8/2023) di utara Moskow. (Sumber: Dmitri Lovetsky/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Intelijen Amerika Serikat (AS) menduga jatuhnya pesawat bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, Rabu (23/8/2023), disebabkan ledakan dari dalam pesawat. Prigozhin diyakini menjadi target pembunuhan.

Seorang pejabat intelijen AS yang berbicara dengan kondisi anonim menyebut pihaknya telah melakukan tinjauan intelijen preliminer. Hasilnya, Prigozhin "berkemungkinan besar" jadi sasaran pembunuhan dan pihaknya curiga pelakunya Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pejabat itu menyebut insiden yang dialami pesawat Prigozhin sesuai dengan "riwayat panjang cara pembungkaman kritik" oleh Putin. Namun, pejabat itu enggan mendetail apa yang menyebabkan pesawat Prigozhin diduga meledak di udara.

Baca Juga: Profil Bos Wagner Yevgeny Prigozhin yang Diduga Tewas, Pernah Jual Hot Dog hingga Dipenjara

Pesawat yang diduga mengangkut Prigozhin dan para petinggi Wagner jatuh pada Rabu lalu di daerah Tver, Rusia dalam perjalanan ke St. Petersburg. Petugas menemukan sepuluh jenazah di lokasi jatuhnya pesawat.

Media-media Rusia melaporkan, Prigozhin ada dalam penerbangan tersebut dan telah mati. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi mengenai nasib Prigozhin.

Banyak pihak meyakini insiden pesawat ini adalah balasan Rusia atas pemberontakan Wagner pada Juni lalu. 

Sementara juru bicara Pentagon, Jenderal Pat Ryder, menyebut laporan awal menunjukkan pesawat Prigozhin jatuh karena rudal darat-ke-udara tidak akurat. Namun, ia menolak bicara asesmen AS mengenai penyebab insiden.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya mengaku curiga Putin mendalangi insiden pesawat Prigozhin. Meskipun demikian, ia mengaku belum punya cukup informasi mengenai insiden tersebut.

"Saya tidak tahu fakta kejadiannya, tetapi saya tidak terkejut. Tidak banyak yang terjadi di Rusia yang tidak didalangi Putin," kata Biden pada Rabu lalu dikutip Associated Press.

Baca Juga: Detik-detik Pesawat Bos Wagner Prigozhin Jatuh: Menukik Tajam, Tak Ada Panggilan Darurat



 



Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.