Kompas TV internasional kompas dunia

Kuil Hindu Kuno di India Roboh akibat Tanah Longsor, 9 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Terjebak

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 21:20 WIB
kuil-hindu-kuno-di-india-roboh-akibat-tanah-longsor-9-orang-tewas-dan-puluhan-lainnya-terjebak
Tim penyelamat membersihkan lumpur dan puing-puing saat mencari korban yang diduga terjebak setelah longsor menghantam sebuah kuil di pinggiran Shimla, negara bagian Himachal Pradesh, India, Senin, 14 Agustus 2023. Hujan deras memicu banjir dan tanah longsor di wilayah Himalaya India. (Sumber: AP Photo/ Pradeep Kumar)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

 

SHIMLA, KOMPAS.TV - Sebuah kuil Hindu kuno di India roboh setelah dihantam tanah longsor dan menyebabkan sembilan orang tewas. Sedangkan puluhan orang lainnya terjebak di bawah reruntuhan.

Operasi penyelamatan tengah dilakukan setelah kuil Hindu kuno di kota Shimla, Negara Bagian Himachal Pradesh, roboh dihantam tanah longsor.

Himachal Pradesh telah diterpa hujan deras selama beberapa hari terakhir yang memicu banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Terungkap Alasan Banyaknya Korban Jiwa Kebakaran Hutan Hawaii, Sosok Ini Merasa Bertanggung Jawab

Sebanyak 21 orang dilaporkan telah tewas pada 24 jam terakhir dalam sejumlah insiden terkait hujan.

Dilaporkan BBC, Senin (14/8/2023), Kepala Menteri Himachal Pradesh Sukhvinder Singh Sukhu, yang berada di lokasi kejadian mengatakan sekitar 25 hingga 20 orang terperangkap di bawah reruntuhan.

Puluhan ribu wisatawan kerap mengunjungi Himachal Pradesh, khususnya Ibu Kota Shimla, untuk menikmati udara dingin dengan pemandangan alam yang indah.

Namun, wilayah tersebut diguyur hujan deras selama musim badai monsun, yang menyebabkan banjir, tanah longsor yang menimbulkan kerusakan.

Video yang dibagikan di media sosial selama beberapa hari terakhir menunjukkan kendaraan dan bangunan tersapu aliran sungai yang deras.

Baca Juga: Mengerikan! Ribuan Peledak Ditemukan Terkubur di Sekolah, Berasal dari Zaman Perang Sipil

Pohon tumbang tampak menimpa mobil, dan turis terdampar karena penutupan jalan.

Beberapa jam sebelum kuil di Shimla runtuh karena longsor, tujuh orang dilaporkan tewas setelah hujan deras melanda rumah mereka di distrik Solan.

Sukhu telah mengimbau orang-orang di Negara Bagian Himachal Pradesh untuk tetap tinggal di dalam rumah karena hujan deras.

Sementara pejabat mengatakan Char Dham Yatra, ritual ziarah ke empat tempat suci Hindu di negara bagian itu, telah ditangguhkan selama dua hari karena hujan.


 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x