Kompas TV internasional kompas dunia

Kakek Renta 74 Tahun Bersenjata Ancam Bunuh Presiden Joe Biden, Akhirnya Ditembak Mati FBI

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 08:10 WIB
kakek-renta-74-tahun-bersenjata-ancam-bunuh-presiden-joe-biden-akhirnya-ditembak-mati-fbi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden melambaikan tangan ke arah media sambil berjalan menuju pesawat kepresidenan, Air Force One di Pangkalan Angkatan Udara Dover di Delaware, Amerika Serikat, Minggu, 9 Juli 2023. Biden berangkat ke Erope untuk bertemu Raja Charles III dan menghadiri KTT NATO. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Hariyanto Kurniawan

SALT LAKE CITY, KOMPAS.TV - Seorang kakek renta berusia 74 tahun dan bersenjata di Utah, Amerika Serikat (AS), ditembak mati agen FBI setelah mengancam bakal membunuh Presiden Joe Biden.

Insiden tersebut terjadi beberapa jam sebelum Presiden AS tersebut tiba di Utah, Rabu (9/8/2023).

Pada pernyataannya, agen khusus FBI sedang berusaha memberikan surat perintah di rumah Craig Deleeuw Robertson di Provo, sebelah Selatan Salt Lake City ketika insiden penembakan terjadi pada Pukul 06.15 pagi waktu setempat.

Menurut dua sumber penegak hukum yang berbicara dengan Associated Press mengungkapkan, bahwa Robertson tengah bersenjata saat penembakan terjadi.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Hawaii Tewaskan 6 Orang, Jumlah Korban Jiwa Diperkirakan akan Meningkat

Pada Senin (7/8/2023), Robertson telah memposting secara online bahwa Biden akan datang ke Utah, dan ia berencana memakai seragam kamuflase dan mengatakan akan “memulai pembersihan menggunakan rifle M24."

Menurut dokumen pengadilan, postingan itu muncul setelah berbulan-bulan memperlihatkan ancaman grafik terhadap sejumlah pesohor.

Robertson menyebut dirinya sebagai MAGA Trumper, mengaku pada slogan dari Make America Great Again dari eks Presiden Donald Trump.

Ia juga kerap memposting ancaman terhadap pejabat tinggi penegak hukum yang mengawasi kasus pengadilan Trump.

Tetangga menggambarkan Robertson sebagai pria tua yang lemah, profil online-nya menyebutkan usianya 74 tahun.



Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.