Kompas TV internasional kompas dunia

Perempuan Informan Rusia Ditangkap, Plot Pembunuhan Presiden Ukraina Zelenskyy Terungkap

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 20:30 WIB
perempuan-informan-rusia-ditangkap-plot-pembunuhan-presiden-ukraina-zelenskyy-terungkap
Presiden Volodymyr Zelenskyy, sementara itu hari Jumat, (28/7/2023), memperingati Hari Kemerdekaan Ukraina dengan menegaskan kedaulatan negaranya, sebuah celaan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengeklaim Ukraina tidak ada sebagai negara untuk membenarkan invasinya. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Badan Keamanan Ukraina (SBU) mengungkapkan telah menahan seorang perempuan yang diduga informan Rusia.

Penahanan itu pun mengungkap adanya plot pembunuhan terhadap Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang akan dilakukan oleh Rusia.

SBU mengatakan perempuan informan Rusia itu tengah menyiapkan serangan udara Rusia ke wilayah Mykolaiv saat Presiden Ukraina akan datang.

Baca Juga: Hun Manet Jadi PM Baru Kamboja usai Ditunjuk Raja, Profilnya Mentereng

“Informan tersebut tengah mengumpulkan intelijen mengenai rencana kunjungan Presiden Ukraina baru-baru ini ke wilayah Mykolaiv,” bunyi pernyataan SBU dikutip dari CNN, Senin (7/8/2023).

Zelenskyy memang berada di Mykolaiv pada akhir Juni.

Pada pernyataannya, SBU mengungkapkan bahwa terduga konspirator tersebut berusaha menetapkan waktu dan lokasi dari kemungkinan rute yang dilewati Zelenskyy di wilayah tersebut.

Namun, agen SBU telah mengumpulkan informasi mengenai aktivitas subversif tersangka dan mengadopsi langkah-langkah keamanan tambahan.


Saat mengawasi komunikasi perempuan itu, SBU juga telah mengetahui bahwa ia memiliki tugas untuk mengidentifikasi lokasi dari sistem perang elektronik.

Baca Juga: Swedia Tuduh Rusia Kompori Dunia Terkait Pembakaran Al-Qur'an: biar Kami Ditolak NATO

Selain itu juga mencari tahu mengenai gudang amunisi dari angkatan bersenjata Ukraina.

Berdasarkan penyelidikan, pelaku merupakan warga Ochakov, Ukraina Selatan, dan merupakan mantan penjual toko militer di salah satu unit militer wilayah itu.

Perempuan yang namanya tak disebutkan itu diduga berkeliaran sekitar wilayah di distrik tersebut, dan merekam lokasi dari alat-alat milik Ukraina.

 

 



Sumber : CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x