Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia vs Ukraina Makin Panas, Laut Hitam Jadi Medan Perang, Pusat Transfusi Darah Dirudal

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 15:05 WIB
rusia-vs-ukraina-makin-panas-laut-hitam-jadi-medan-perang-pusat-transfusi-darah-dirudal
Gambar yang berasal dari tangkapan video ini memperlihatkan sebuah kapal drone tengah mendekati sebuah kapal tanker Rusia di Laut Hitam. Pada Jumat (4/8/2023) malam, sebuah kapal tanker Rusia dilaporkan dihantam drone Ukraina. (Sumber: AP Photo )
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pasukan Ukraina dilaporkan mengirim serangan drone ke sebuah kapal tanker Rusia di Laut Hitam, dekat Semenanjung Krimea, Jumat (4/8/2023). Ukraina menyebut serangan ini menyasar tanker yang memuat bahan bakar untuk pasukan invasi Rusia.

Selain itu, Ukraina menyerang pelabuhan di Novorossiysk, Krai (daerah setingkat provinsi) Krasnodar, Rusia. Serangan ini disebut menjadi serangan pertama ke pelabuhan komersial Rusia selama 18 bulan perang.

Kremlin yang tak terima dengan serangan-serangan tersebut, berjanji akan meluncurkan serangan balasan. Moskow juga menuduh Kiev meluncurkan "serangan teroris" ke kapal sipil.

"Tidak ada pembenaran untuk aksi barbar seperti itu. Aksi-aksi itu tidak akan dibiarkan saja dan dalang serta pelakunya jelas akan dihukum," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Sabtu (5/8/2023), dikutip Associated Press.

Baca Juga: Drone Ukraina Hantam Kapal Tanker Rusia Disebut Jadi Upaya Kiev Unjuk Gigi Kemampuan Angkatan Laut

Serangan ke Laut Hitam ini diluncurkan Ukraina usai Rusia hengkang dari Inisiatif Biji-Bijian Laut Hitam. Usai menarik diri dari perjanjian tersebut, Rusia pun membombardir pelabuhan-pelabuhan Ukraina di Laut Hitam.

Di lain sisi, serangan ke sekitar Krimea juga semakin marak usai kapabilitas pertempuran laut Ukraina meningkat karena bantuan militer Barat.

Laut Hitam disebut akan menjadi titik pertempuran penting dalam perang Rusia-Ukraina.

Pada kesempatan terpisah, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melaporkan bom Rusia menghancurkan pusat transfusi darah di Oblast (daerah setingkat provinsi) Kharkiv pada Sabtu (6/8/2023).

Ia menyebut terdapat korban jiwa dan korban luka dalam insiden ini.

Zelenskyy menyebut pelaku serangan tersebut sebagai "binatang buas."

"Mengalahkan teroris adalah urusan kehormatan bagi siapa pun yang menghargai kehidupan," kata Zelenskyy, dikutip BBC.

Serangan Rusia ke Kharkiv diluncurkan usai Ukraina menyerang kapal tanker Rusia di Laut Hitam.

Militer atau pemerintah Rusia belum memberikan tanggapan apakah serangan ke Kharkiv adalah balasan atas serangan ke kapal tanker di Laut Hitam.

Baca Juga: Terungkap, Militer Ukraina Mengakui Lakukan Serangan ke Jembatan Krimea Juli Lalu


 



Sumber : Associated Press, BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x