Kompas TV internasional kompas dunia

Petinggi Pentagon Marah Besar dengan Sidang Kongres AS soal UFO, Kenapa?

Kompas.tv - 29 Juli 2023, 23:00 WIB
petinggi-pentagon-marah-besar-dengan-sidang-kongres-as-soal-ufo-kenapa
Direktur All-domain Anomaly Resolution Office (AARO) Sean Kirkpatrick marah dengan sidang Kongres AS tentang UFO yang ramai dibicarakan pekan ini. Ia menyebut narasumber dalam sidang itu yang mengeklaim bahwa alien ada dan pemerintah AS menyembunyikannya, adalah bohong belaka. (Sumber: Council of Foreign Relations)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Direktur All-domain Anomaly Resolution Office (AARO) Sean Kirkpatrick marah dengan sidang Kongres AS tentang UFO yang ramai dibicarakan pekan ini. Ia menyebut narasumber dalam sidang itu yang mengeklaim kebenaran keberadaan alien dan pemerintah AS menyembunyikannya merupakan kebohongan belaka.

AARO sendiri merupakan badan yang dibentuk Departemen Pertahanan dan Komunitas Intelijen AS untuk menyelidiki fenomen UFO atau fenomena tak teridentifikasi lain di udara, laut, darat, atau luar angkasa.

Melalui media sosialnya, Jumat (28/7/2023), Kirkpatrick mendamprat seorang purnawirawan Angkatan Udara AS yang dinilai mengompori penganut teori kehidupan ekstraterestrial.

Purnawirawan tersebut, Mayor David Grusch sebelumnya memberi testimoni ke Kongres bahwa pemerintah AS telah menjalankan program reverse engineering UFO selama berdekade-dekade. Ia pun mengeklaim bahwa pemerintah AS memiliki "makhluk hidup" non-manusia atau alien.

Baca Juga: DPR AS Gelar Sidang Dengar Pendapat soal Fenomena UFO, Ini Rangkumannya

Meskipun tidak menyebut nama Grusch, dalam pernyatannya, Kirkpatrick menyinggung testimoni-testimoni purnawirawan Angkatan Udara tersebut dan membantahnya. Ia menyebut testimoni itu adalah "penghinaan" bagi staf di AARO.

"Saya tidak bisa membiarkan sidang kemarin berlalu tanpa bicara bahwa betapa menghinanya itu bagi petugas-petugas Departemen Pertahanan dan Komunitas Intelijen yang memilih bergabung dengan AARO, banyak di antaranya menghadapi kecemasan terhadap risiko karier yang disebabkan (testimoni) ini," kata Kirkpatrick dikutip Associated Press.

"Mereka adalah pencari kebenaran, sebagaimana saya. Namun, Anda jelas tidak mendapatkan kesan itu dalam sidang kemarin," lanjutnya.

"AARO belum menemukan bukti untuk mendukung dugaan program reverse engineering apa pun terkait teknologi non-manusia," tegas Kirkpatrick.

Salah satu pernyataan kontroversial Grusch adalah bahwa ada pihak yang diancam atau dilukai terkait upaya Pentagon menyembunyikan keberadaan alien atau UFO.

Sebelumnya, Juru Bicara Pentagon Sue Gough telah membantah pernyataan Grusch tersebut. Gough menegaskan Pentagon "tidak punya informasi bahwa ada individu yang dilukai atau dibunuh karena melaporkan informasi (tentang UFO)."

Di lain sisi, Kirkpatrick menyebut bahwa orang yang memberi testimoni heboh di Kongres AS menolak berbicara dengan AARO. 

"Berkebalikan dengan pernyataan yang disampaikan dalam sidang, sumber utama dari dugaan itu menolak berbicara dengan AARO," kata Kirkpatrick.

Baca Juga: Pemerintahan Biden Dituduh Sembunyikan Fakta soal UFO: "Iblis Sudah Berada di Depan Kita"


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x