Kompas TV internasional kompas dunia

Ini yang Perlu Diketahui Bagaimana Kudeta di Niger Bisa Bikin Situasi Afrika Makin Runyam bagi Barat

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 09:05 WIB
ini-yang-perlu-diketahui-bagaimana-kudeta-di-niger-bisa-bikin-situasi-afrika-makin-runyam-bagi-barat
Niger tadinya dianggap mitra utama terakhir melawan ekstremisme di wilayah berbahasa Prancis, namun sentimen anti-Prancis membuka jalan bagi kelompok Wagner, dan bertahun-tahun menghadapi ancaman yang semakin meningkat dari berbagai kelompok ekstremis yang mengatasnamakan Islam. (Sumber: Brittanica)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NIAMEY, KOMPAS.TV - Lebih dari 1.000 personel militer Amerika Serikat berada di Niger, yang sebelum kudeta oleh para tentara pemberontak pada hari Rabu lalu berhasil mencegah kudeta militer yang menggoyahkan negara-negara tetangga di Afrika Barat dalam beberapa tahun terakhir.

Niger tadinya dianggap mitra utama terakhir melawan ekstremisme di wilayah berbahasa Prancis, namun sentimen anti-Prancis membuka jalan bagi kelompok Wagner.

Berbagai kelompok ekstremis Islam aktif di sekitar Niger, yang tidak sama dengan Nigeria, negara terpadat di Afrika. Niger terletak di sebelah utara Nigeria, bagian dari wilayah luas di bawah Gurun Sahara yang bertahun-tahun menghadapi ancaman yang semakin meningkat dari berbagai kelompok ekstremis yang mengatasnamakan Islam.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui tentang situasi Niger, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press pada Jumat (28/7/2023).

Baca Juga: Tentara Pemberontak Menyatakan Kudeta, Presiden Niger Bersumpah Demokrasi akan Menang

Presiden Niger Mohamed Bazoum hari Kamis, (27/7/2023) dengan tegas menyatakan demokrasi akan menang, sehari setelah tentara pemberontak menahannya dan mengumumkan merebut kekuasaan dalam kudeta atas situasi keamanan yang memburuk di negara di Afrika Barat. (Sumber: Jenue Afrique)

Apa artinya bagi keamanan regional?

Dalam menandakan pentingnya Niger di wilayah di mana Wagner juga beroperasi, Menlu AS Antony Blinken mengunjungi negara tersebut pada Maret untuk memperkuat hubungan dan mengumumkan bantuan langsung sebesar $150 juta, menyebut negara ini sebagai "model demokrasi".

Saat ini, pertanyaan kritisnya adalah apakah Niger mungkin akan beralih dan bekerja sama dengan Wagner sebagai mitra dalam melawan terorisme seperti tetangga-tetangganya, Mali dan Burkina Faso, yang mengusir pasukan Prancis. Prancis sendiri akhirnya memindahkan lebih dari 1.000 personel ke Niger setelah menarik pasukan dari Mali tahun lalu.

Bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, dalam pernyataannya hari Kamis mengatakan "apa yang terjadi di Niger adalah perjuangan rakyatnya melawan penjajah. ... Ini efektif berarti meraih kemerdekaan. Sisanya akan bergantung pada rakyat Niger."

Ratusan orang berkumpul di ibu kota Niger, Niamey, hari Kamis dan menyuarakan dukungan bagi Wagner sambil mengibarkan bendera Rusia.

Pemerintah Niger sebelumnya telah "terbuka dalam hal dialog dan berkomunikasi baik di dalam negeri maupun dengan mitra-mitra internasional," kata Paul Melly, seorang konsultan dengan program Afrika di lembaga pemikir Chatham House di London. "Jadi ada banyak hal yang dipertaruhkan di sini."

Niger menjadi basis operasi militer internasional selama bertahun-tahun karena kelompok ekstremis yang mengatasnamakan Islam sangat meluas di wilayah Sahel.

Kelompok-kelompok tersebut termasuk Boko Haram di Nigeria dan Chad, namun ancaman yang lebih langsung berasal dari aktivitas yang berkembang di wilayah perbatasan Niger dengan Mali dan Burkina Faso dari Islamic State in the Greater Sahara dan kelompok al-Qaida, Jama'at Nusrat al-Islam wal-Muslimin, yang dikenal sebagai JNIM.

Sementara itu, belanja militer Niger mencapai $202 juta pada tahun 2021.

Baca Juga: Paspampres Kepung Istana, Tentara Pemberontak Kudeta Pemerintah Niger, Minta Asing Tak Ikut Campur

Militer Niger mengumumkan kudeta di TV Nasional, Rabu (26/7/2023). (Sumber: BBC)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x