Kompas TV internasional kompas dunia

Momen Iriana Jokowi dan Madam Peng Liyuan saat Jamuan Minum Teh Bersama

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 22:01 WIB
momen-iriana-jokowi-dan-madam-peng-liyuan-saat-jamuan-minum-teh-bersama
Ibu Iriana Joko Widodo menerima jamuan minum teh bersama Madam Peng Liyuan, di Hotel Jinnui, Chengdu, RRT, Kamis (27/07/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

CHENGDU, KOMPAS.TV - Ibu Iriana Joko Widodo (Jokowi) menghadiri jamuan minum teh bersama Madam Peng Liyuan di Hotel Jinnui, Chengdu, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Kamis (27/7/2023).

Sebelum acara minum teh dimulai, Madam Peng dengan hangat menunjukkan dan menjelaskan beberapa koleksi guci dan kain yang dipamerkan di hotel tersebut kepada Ibu Iriana.

Selain itu, Ibu Iriana juga berkesempatan untuk meracik teh hijau dan ikut berpartisipasi dalam melukis di mangkuk teh, yang merupakan kegiatan menarik di tempat tersebut.

Setelah tiba di ruang minum teh, Ibu Iriana dan Madam Peng, keduanya mengenakan pakaian senada berwarna krem, duduk bersebelahan sambil berbincang dan menikmati pertunjukan penyajian teh.

Pertemuan akrab tersebut berlangsung selama sekitar 30 menit, sebelum Ibu Iriana dan Madam Peng melanjutkan kegiatan dengan menghadiri jamuan makan malam bersama Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping.

Istri Duta Besar RI Beijing, Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, juga turut mendampingi Ibu Iriana dalam acara tersebut.

Iriana Jokowi mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Chengdu, China, Kamis (27/7/2023).

Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang diselenggarakan di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/07/2023). 

Baca Juga: Potret Ibu Negara Iriana Ikut Permainan Anak Tradisional di Banyuwangi

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Ajak Iriana Blusukan ke Pasar Bululawang, Malang

Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengapresiasi dukungan Tiongkok terhadap Indonesia yang tengah memegang keketuaan ASEAN.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” ucap Presiden Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Lebih lanjut, Presiden juga menyebut bahwa Indonesia dan Tiongkok telah berhasil menciptakan kemajuan yang nyata atas sejumlah kerja sama, utamanya sejak penyelenggaraan G20 Bali tahun lalu.

“Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi tiba di Hotel Jiniu sekitar Pukul 16.20 waktu setempat. 

Setibanya di lokasi, Presiden dan Ibu Iriana kemudian disambut langsung oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng yang kemudian dilanjutkan melaksanakan foto bersama dengan latar bendera dari masing-masing negara.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, dan Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun. 

Baca Juga: Prabowo, Erick, Jokowi dan Ibu Iriana Jajal Maung saat Kunjungi PT Pindad di Malang


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x