Kompas TV internasional kompas dunia

Saat Junta Militer Myanmar Berencana Pindahkan Suu Kyi ke Rumah Tahanan Gara-Gara Perkara Ini

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 08:40 WIB
saat-junta-militer-myanmar-berencana-pindahkan-suu-kyi-ke-rumah-tahanan-gara-gara-perkara-ini
Junta militer Myanmar berencana untuk memindahkan pemimpin yang digulingkan dari jabatannya, Aung San Suu Kyi, dari penjara di ibu kota Naypyitaw ke tahanan rumah. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

BANGKOK, KOMPAS.TV - Junta militer Myanmar berencana untuk memindahkan pemimpin yang digulingkan dari jabatannya, Aung San Suu Kyi, dari penjara di ibu kota Naypyitaw ke tahanan rumah.

Pindahnya ini sebagai bagian dari tindakan pembebasan bagi para tahanan yang terkait dengan sebuah upacara keagamaan pekan depan, kata seorang pejabat keamanan pada hari Selasa (25/7/2023).

Meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai rencana tersebut, beberapa jurnalis yang bekerja untuk media yang bersahabat dengan pemerintahan militer mengatakan bahwa mereka telah mendengar informasi yang sama.

Berita tentang Suu Kyi ketat dikendalikan oleh pemerintahan militer, bahkan para pengacaranya dilarang berbicara kepada media tentang kasusnya berdasarkan perintah larangan bicara, seperti dilaporkan oleh Associated Press pada Rabu (26/7).

Suu Kyi, yang ditangkap pada 1 Februari 2021 ketika tentara merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilihnya, telah dijatuhi hukuman total 33 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas sejumlah tuduhan yang diajukan oleh pemerintahan militer, yang secara luas dianggap sebagai tuduhan palsu untuk tujuan politik.

Beberapa kasusnya masih menunggu banding akhir. Partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi, memenangkan kemenangan telak dalam pemilihan umum tahun 2020 dan akan memulai masa jabatan keduanya selama lima tahun.

Pejabat di Naypyitaw yang mengetahui situasi Suu Kyi mengatakan kepada Associated Press bahwa pemerintahan militer akan mengumumkan pemindahan Suu Kyi dalam rangka perayaan pembaktian patung Buddha duduk raksasa baru yang telah mereka bangun, sebuah simbol pengabdian di negara mayoritas Buddha tersebut.

Upacara tersebut dijadwalkan pada Selasa (1/8) pekan depan.

Baca Juga: Krisis Myanmar Semakin Mematikan, tetapi Diplomat ASEAN Tak Kunjung Capai Kesepakatan

Pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat anonimitas karena risiko hukuman karena tidak berwenang untuk menyebarkan informasi, mengatakan bahwa dia tidak tahu persis di mana Suu Kyi akan dipindahkan atau kapan tepatnya.

Pejabat tersebut juga tidak dapat mengonfirmasi laporan dari layanan berbahasa Myanmar BBC bahwa Suu Kyi telah dipindahkan dari penjara ke sebuah kediaman di Naypyitaw yang ditempati oleh seorang pejabat menteri tingkat kabinet.

Awalnya, dia ditahan setelah penangkapannya di kediaman resminya di ibu kota, kemudian dipindahkan ke lokasi yang tidak diungkapkan yang banyak diyakini berada di sebuah pangkalan militer sebelum akhirnya dipindahkan ke penjara pada 22 Juni 2022.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x