Kompas TV internasional kompas dunia

Sebulan Hilang Misterius, Menteri Luar Negeri China Qin Gang Dipecat

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 22:30 WIB
sebulan-hilang-misterius-menteri-luar-negeri-china-qin-gang-dipecat
Eks Menteri Luar NegeriChina Qin Gang. Pemerintah China memecat Qin Gang dari jabatan menteri luar negeri usai tak muncul di hadapan publik sebulan belakangan, Selasa (25/7/2023). Alasan pemecatan Qin Gang atau kenapa ia tak muncul di depan umum sejak 25 Juni 2023 masih misterius. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Pemerintah China memecat Qin Gang dari jabatan menteri luar negeri usai tak muncul di hadapan publik sebulan belakangan, Selasa (25/7/2023). Alasan pemecatan Qin Gang atau kenapa ia tak muncul di depan umum sejak 25 Juni 2023 masih misterius.

Pemecatan ini membuat rumor rivalitas di kalangan elite Partai Komunis China semakin mengemuka. Qin Gang sebelumnya dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga: Negara Rugi Rp575 Miliar, Luhut Minta KPK Lacak Pelaku Ekspor 5 Juta Ton Bijih Nikel Ilegal ke China

Beijing pun menunjuk pendahulu Qin Gang sekaligus kepala urusan luar negeri Partai Komunis China, Wang Yi sebagai menteri luar negeri yang baru. Pemecatan Qin Gang sendiri diumumkan oleh televisi nasional China, CCTV pada Selasa (25/7).

Qin Gang terakhir terlihat di depan kamera ketika menjamu menteri luar negeri Sri Lanka di Beijing pada 26 Juni. Setelah itu, Qin Gang hilang tanpa kabar.

Menurut laporan Associated Press, Kementerian Luar Negeri China sempat melaporkan bahwa Qin Gang absen karena alasan kesehatan. Namun, setelahnya, Kementerian luar Negeri China menghapus keterangan tersebut dari transkrip rilisan pers dan mengaku tidak punya informasi yang tersedia mengenai keadaan Qin Gang.

Di lain sisi, pemecatan Qin Gang semakin misterius karena diputuskan melalui rapat legislator Komite Tetap Partai Komunis China dengan jadwal tak biasa. Rapat tersebut biasanya dijadwalkan pada akhir bulan.

Baca Juga: Xi Jinping: China Siap Bangun Tatanan Dunia yang Adil Bersama Rusia


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x