Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa 7,2M Guncang Alaska, Pemerintah AS Terbitkan Peringatan Tsunami

Kompas.tv - 16 Juli 2023, 16:09 WIB
gempa-7-2m-guncang-alaska-pemerintah-as-terbitkan-peringatan-tsunami
Ilustrasi. Gempa dangkal berkekuatan 7,2 magnitudo mengguncang Semenanjung Alaska, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (16/7/2023). Gempa ini membuat pihak terkait menerbitkan peringatan tsunami di beberapa wilayah.  (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Gempa dangkal berkekuatan 7,2 magnitudo mengguncang Semenanjung Alaska, Amerika Serikat (AS), pada Minggu (16/7/2023). Gempa ini membuat pihak terkait menerbitkan peringatan tsunami di beberapa wilayah.

Menurut Survei Geologis Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut memiliki kedalaman 9,3 kilometer dari permukaan tanah atau berhiposentrum dangkal.

Pusat Gempa Alaska melaporkan gempa ini dirasakan di wilayah yang luas, meliputi Kepulauan Aleut, Semenanjung Alaska, dan kawasan Cook Inlet.

Baca Juga: Gempa Bumi M 5,5 Guncang Banda Aceh: Kedalaman 24 Km

"Peringatan tsunami diberlakukan untuk Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska, pesisir-pesisir Pasifik mulai Kennedy Entrance, Alaska hingga Unman Pass, Alaska," demikian peringatan Pusat Peringatan Tsunami AS, dikutip Independent.

"Untuk pesisir AS lain dan Pasifik Kanada di Amerika Utara, tingkat ancaman tsunami tengah dievaluasi. Informasi lebih lanjut akan diberikan melalui pesan-pesan tambahan."

Gempa yang mengguncang Alaska bertepatan dengan erupsi Gunung Api Shishaldin. Namun, pihak berwenang menyebut aktivitas vulkanis tersebut tidak terkait gempa.

Gunung Api Shishaldin sendiri dilaporkan memuntahkan kolom abu setinggi 6 km di atas permukaan laut pada Minggu (16/7).

Baca Juga: Bertahan dari Guncangan Gempa, Suami Peluk Istri yang Sakit Stroke


 



Sumber : The Independent


BERITA LAINNYA



Close Ads x