Kompas TV internasional kompas dunia

Sejarah Baru! Transgender Keturunan Maluku Menang Kontes Miss Belanda 2023

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 02:00 WIB
sejarah-baru-transgender-keturunan-maluku-menang-kontes-miss-belanda-2023
Transgender keturunan Maluku pemenang Miss Belanda 2023, Rikkie Valerie Kolle. (Sumber: Instagram Rikkie Valerie Kolle)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

AMSTERDAM, KOMPAS.TV - Ajang kontes kecantikan Miss Belanda 2023 dimenangkan oleh seorang transgender keturunan Maluku, Rikkie Valerie Kolle. Rikkie pun disebut mencetak sejarah baru sebagai transgender pertama yang memenangkan kontes tersebut.

Acara pengumuman pemenang Miss Belanda sendiri digelar di Leusden pada Sabtu (8/7/2023). Kontestan berusia 22 tahun tersebut akan mewakili Belanda di ajang Miss Universe tahun ini.

"Saya berhasil! Ya, saya trans dan ingin berbagi cerita saya, tetapi saya juga seorang Rikkie, dan itu yang penting bagi saya," kata Rikkie sebagaimana dilansir NPR, Minggu (9/7).

Baca Juga: Seorang Wanita Transgender Mendaftar dalam Kontes Kecantikan Miss Venezuela

Rikkie Valerie Kolle merupakan warga Belanda keturunan Maluku. Ia mengaku ingin menjadi suara dan contoh bagi perempuan muda dan kaum queer.

Rikkie mengaku tidak merasa didukung ketika menyatakan diri sebagai transgender pada masa lalu. Ia mengaku ingin meninggalkan kisah penderitaan tersebut.


Setelah mencetak sejarah di ajang Miss Belanda, Rikkie berpeluang mencetak sejarah baru di Miss Universe. Ia berpeluang menjadi transgender pertama yang memenanginya saat kontes itu digelar pada Desember mendatang.

Akan tetapi, Rikkie bukanlah transgender pertama yang berpartisipasi dalam Miss Universe. Miss Spanyol 2018, Angela Ponce merupakan transgender pertama yang berkompetisi di Miss Universe.

Baca Juga: Miss USA R'Bonney Gabriel Jadi Pemenang Miss Universe 2022, Ini Hadiah yang Didapatkan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x