Kompas TV internasional kompas dunia

Seorang Wanita Transgender Mendaftar dalam Kontes Kecantikan Miss Venezuela

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 08:09 WIB
seorang-wanita-transgender-mendaftar-dalam-kontes-kecantikan-miss-venezuela
Sofia Salomon, transgender yang mendaftar dalam kontes kecantikan Miss Venezuela yang bergengsi. (Sumber: cactus24.com.ve)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

CARACAS, KOMPAS.TV — Antusiasme warga Venezuela terhadap kontes kecantikan sangat besar. Negara yang tengah dilanda krisis itu, kini mungkin hanya bisa disatukan oleh kontes kecantikan Miss Venezuela. Tahun ini, kontes Miss Venezuela diramaikan dengan hadirnya seorang transgender yang mendaftar untuk berkompetisi di ajang tersebut.

Sofia Salomon, nama transgender itu,  menantang norma-norma yang ada dalam masyarakat di sana untuk ikut berkompetisi dalam Miss Venezuela. Influencer dan model Instagram itu telah mendaftar untuk ikut serta dalam kontes Miss Venezuela tahun ini. Jika diterima, dia akan menjadi wanita transgender pertama yang berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini.

“Saya pikir ini adalah platform yang bagus untuk membawa visibilitas ke komunitas saya, menggemakan hal-hal positif, dan menunjukkan kepada orang-orang realitas wanita transgender,” kata Salomón seperti dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: Pohon Natal di Kota Lviv Ukraina, Ribuan Orang Venezuela Berburu Barang Murah Hingga Natal di Gaza!

Kontes kecantikan bukan sesuatu yang baru bagi Salomon. Tahun lalu, dia finis di enam besar Miss International Queen, yaitu kontes kecantikan terbesar di dunia untuk wanita transgender.

“Saya ingin undang-undang (yang berlaku di Venezuela) diubah sehingga perempuan transgender dapat diterima dengan nama yang mereka rasa lebih aman,” katanya.


Seorang wanita transgender, pada bulan Februari lalu, terpilih untuk ikut berpartisipasi dalam Miss Universe Puerto Rico. Peristiwa ini menandai pertama kalinya perempuan transgender berpartisipasi dalam ajang serupa di Karibia.

Atas diterimanya perempuan transgender untuk berkompetisi di Miss Universe Puerto Rico, Salomon berharap kesempatannya untuk berlaga di Miss Universe Venezuela semakin besar. Dia mengatakan orang tua, saudara kandung, dan pacarnya mendukung keputusannya untuk mendaftar dalam kontes kecantikan tersebut.

Namun demikisan, hingga kini Organisasi Miss Venezuela tidak menanggapi permintaan komentar dari The Associated Press, mengenai transgender di kontes kecantikan tersebut.

Baca Juga: Serunya Pertunjukan Balon Udara di Caracas, Jadi Daya Tarik Wisata Rakyat Venezuela!

Pemenang Miss Venezuela selanjutnya akan berlaga di Miss Universe, dan kontes global Miss Universe telah dibuka untuk peserta transgender sejak tahun 2012. Keputusan itu mendorong Osmel Sousa, kepala Miss Venezuela, untuk menyatakan bahwa masyarakat Venezuela yang rendah hati dan mayoritas beragama Kristen tidak akan pernah menerima posisi itu. 

Pada tahun 2018, Angela Ponce dari Spanyol menjadi wanita transgender pertama yang berpartisipasi dalam Miss Universe. Sedangkan tahun lalu, seorang taipan bisnis dan wanita transgender Thailand membeli Organisasi Miss Universe seharga $20 juta. Sebelumnya organisasi Miss Universe pernah dimiliki sebagian oleh mantan Presiden AS Donald Trump.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x