Kompas TV internasional kompas dunia

Jet Tempur MiG-31 Rusia Kecelakaan di Pasifik, Nasib Pilot Belum Diketahui

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 17:50 WIB
jet-tempur-mig-31-rusia-kecelakaan-di-pasifik-nasib-pilot-belum-diketahui
Foto yang diambil pada 9 Mei 2018 ini memperlihatkan jet tempur Angkatan Udara Rusia MiG-31K yang bermuatan sebuah rudal aero balistik hipersonik berpresisi tinggi, Kinzhal Kh-47M2 dalam parade militer Victory Day di Moskow, Rusia. Sebuah jet tempur MiG-31 Rusia mengalami kecelakaan dan terjatuh di Samudra Pasifik, Selasa (4/7/2023). Hingga berita ini diturunkan, nasib kedua kru yang mengawaki pesawat belum diketahui. (Sumber: AP Photo/Pavel Golovkin, File)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Sebuah jet tempur MiG-31 Rusia mengalami kecelakaan dan terjatuh di Samudra Pasifik, Selasa (4/7/2023). Hingga berita ini diturunkan, nasib kedua kru yang mengawaki pesawat belum diketahui.

Militer Rusia melaporkan bahwa jet tempur MiG-31 itu terjatuh di Teluk Avacha di pesisir tenggara Semenanjung Kamchatka. Regu pencari pun telah diterjunkan untuk mencari kedua kru yang hilang.


Baca Juga: Rusia Klaim Gagalkan Serangan Drone Pengebom Ukraina ke Moskow, Tuding Barat Ada di Balik Serangan

Militer Rusia menyebut jet tempur yang jatuh itu tidak membawa senjata saat menjalani misi latihan. Sejauh ini, militer Rusia belum memberikan detail mengenai kecelakaan tersebut.

Jet tempur MiG-31 Rusia merupakan pesawat supersonik bermesin ganda yang didesain untuk menyergap pesawat musuh dan rudal jelajah dalam jarak jauh. Pesawat jenis ini telah digunakan di Angkatan Udara Soviet dan Rusia sejak 1980-an.

Sebelumnya, pada April lalu, unit MiG-31 juga mengalami kecelakaan di kawasan Murmansk, Samudra Arktik. Kedua awak pesawat berhasil keluar dengan selamat.

Baca Juga: Lewati Krisis Kudeta Gagal Wagner Group, Putin: Persatuan Rakyat Rusia Sekarang Lebih Solid

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x