Kompas TV internasional kompas dunia

KKB Meksiko Cegat dan Culik 14 Polisi di Chiapas, Polwan Dibiarkan Pergi

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 20:33 WIB
kkb-meksiko-cegat-dan-culik-14-polisi-di-chiapas-polwan-dibiarkan-pergi
Tentara Meksiko melewati mobil yang hancur akibat pertempuran antara kartel dengan aparat keamanan usai penangkapan Ovidio Guzman, putra dari mantan gembong narkoba, Joaquin El Chapo Guzman di Jesus Maria, negara bagian Sinaloa, 7 Januari 2023. Kelompok bersenjata di Meksiko menculik 14 personel kepolisian negara bagian Chiapas, Selasa (27/6/2023). Kejadian ini membuat pihak berwenang melakukan pencarian besar-besaran dengan petugas regional dan federal hingga Rabu (28/6). (Sumber: Martin Urista/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KOTA MEKSIKO, KOMPAS.TV - Kelompok bersenjata di Meksiko menculik 14 personel kepolisian negara bagian Chiapas, Selasa (27/6/2023). Kejadian ini membuat pihak berwenang melakukan pencarian besar-besaran dengan petugas regional dan federal hingga Rabu (28/6).

Otoritas Chiapas melaporkan bahwa ke-14 polisi yang diculik berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan polisi wanita dibiarkan lolos oleh kelompok bersenjata tersebut.

Baca Juga: Geger, Penemuan Mengerikan 45 Tas Berisi Potongan Jasad Manusia di Meksiko

Seorang pejabat kepolisian Chiapas menyebut para petugas yang diculik sedang dalam perjalanan ke ibu kota provinsial saat kejadian. Namun, di tengah perjalanan, mereka dicegat beberapa truk berisi kelompok bersenjata.

Insiden penculikan ini terjadi di jalan raya antara kota Ocozocoautla dan Tuxtla Gutierrez.

Gelombang kekerasan di negara bagian Chiapas disebut meningkat seiring perang teritorial antara Kartel Sinaloa dan dan Kartel Generasi Baru Jalisco.

Pekan lalu, sebelum Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengunjungi Chiapas, seorang staf Kejaksaan Agung Meksiko ditembak kelompok bersenjata. Penembakan ini menewaskan seorang petugas yang membersamai staf tersebut.

Baca Juga: Ekstradisi Anak El Chapo ke AS Ditunda, Imbas Perang Kartel Sinaloa yang Tewaskan 29 Orang


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x