Kompas TV internasional kompas dunia

Lukashenko Ungkap Belarusia Bisa Timba Ilmu Berperang dari Wagner Group

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 05:30 WIB
lukashenko-ungkap-belarusia-bisa-timba-ilmu-berperang-dari-wagner-group
Presiden Belarusia Aleksandar Lukashenko dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Aleksandar Lukashenko menyebut keberadaan Wagner Group di negaranya akan memberi informasi berharga soal perang. Wagner sendiri disebut akan berelokasi ke Belarusia usai membatalkan pemberontakan di Rusia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MINSK, KOMPAS.TV - Presiden Belarusia Aleksandar Lukashenko menyebut keberadaan Wagner Group di negaranya akan memberi informasi berharga soal perang. Wagner sendiri disebut akan berelokasi ke Belarusia usai membatalkan pemberontakan di Rusia.

Selain itu, Lukashenko mengonfirmasi bahwa bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin berada di negaranya. Prigozhin disebut setuju membatalkan pemberontakan setelah dimediasi Lukashenko.

Baca Juga: Presiden Lukashenko: Senjata Nuklir Rusia Tiba dan Siap Pakai di Belarusia Beberapa Hari ke Depan

"Jika komandan-komandan mereka (Wagner) datang dan membantu kami, mereka akan memberi tahu kami tentang senjata, mana yang bekerja baik, mana yang tidak," kata Lukashenko sebagaimana dikutip The Guardian, Selasa (27/6/2023).

"Dan taktik, bagaimana cara menyerang, bagaimana cara bertahan. Ini adalah apa yang bisa kami dapatkan dari Wagner," lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Wagner Group akan ditutup. Ia pun memberi kombatan Wagner dua pilihan, gabung militer Rusia atau pindah ke Belarusia.

Kendati baru saja memberontak, Lukashenko yakin Belarusia tak perlu takut dengan Wagner. Ia menegaskan bahwa kelompok tentara bayaran itu akan diawasi secara ketat oleh Minsk.

Baca Juga: Yevgeny Prigozhin: jika Pasukan Rusia seperti Wagner, Ukraina Jatuh dalam Sehari


 



Sumber : Kompas TV/The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x