Kompas TV internasional kompas dunia

Pemberontakan Wagner Disebut Membuat Posisi Vladimir Putin Melemah di Rusia

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 21:06 WIB
pemberontakan-wagner-disebut-membuat-posisi-vladimir-putin-melemah-di-rusia
Yevgeny Prigozhin (kanan), pemilik perusahaan militer Wagner Group, duduk di dalam kendaraan militer dan diajak berswafoto oleh warga di jalanan Rostov-on-Don, Rusia, Sabtu, 24 Juni 2023. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kendati Wagner Group membatalkan pemberontakan per Sabtu (24/6/2023), pengamat menyebut aksi koboi bos perusahaan militer tersebut, Yevgeny Prigozhin, bakal menerakan efek jangka panjang bagi kekuasaan Vladimir Putin yang telah berlangsung dua dekade di Rusia.

Banyak pengamat menilai pemberontak Wagner yang sempat melaju hingga 200 kilometer dari ibu kota Moskow, mengekspose lebih lanjut kelemahan Putin.

Citra Putin sebagai pemimpin kuat dan berkuasa sendiri sejauh ini telah dicoreng oleh situasi perang Rusia-Ukraina.

Perang yang diduga awalnya diniatkan selesai dalam beberapa hari ini telah berlangsung 16 bulan dan menelan banyak korban di pihak Rusia.

Prigozhin sendiri secara umum tidak mendapat gangguan berarti ketika memimpin pasukannya menuju Moskow.

Walaupun mengeklaim pasukannya tidak “mengeluarkan satu tembakan pun”, sejumlah helikopter dan pesawat Rusia dilaporkan ditembak jatuh.

Baca Juga: Hentikan Pemberontakan, Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Bakal Pindah ke Belarusia dan Tak Akan Didakwa

Prigozhin baru mau berhenti usai mendapat jaminan keamanan dan janji bahwa Moskow tidak akan memproses pidana Wagner Group. Perjanjian ini dimediasi oleh Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko.

Sebelum Prigozhin mengumumkan mundur, Putin menyebut tindakan Wagner sebagai “pengkhianatan” dan janji bertindak tegas. Namun, Putin kemudian memberi amnesti kepada semua kombatan Wagner yang terlibat.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menyebut langkah ini ditempuh sang presiden untuk “menghindari pertumpahan darah dan konfrontasi internal.”

Prigozhin kemudian sepakat mengasingkan diri ke Belarusia dan kombatan Wagner yang tidak ikut pemberontakan, dijanjikan akan direkrut Kementerian Pertahanan Rusia.

Akan tetapi, analis menyebut solusi yang dicapai tersebut bersifat jangka pendek. Analis pun menilai akan ada efek jangka panjang dari pemberontakan ini.



Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.