Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Pasangan Lansia Penumpang Titanic, Ternyata Berhubungan dengan Kapal Selam Titan yang Hilang

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 21:45 WIB
kisah-pasangan-lansia-penumpang-titanic-ternyata-berhubungan-dengan-kapal-selam-titan-yang-hilang
Cuplikan film Titanic, film garapan sutradara James Cameron yang rilis pada 1997 silam. (Sumber: Youtube)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

BOSTON, KOMPAS.TV – Masih ingat film Titanic yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet di tahun 1997 silam? Dalam film garapan James Cameron tentang tragedi tenggelamnya kapal Titanic itu, ada satu adegan tragis mengharukan: sepasang lansia saling memeluk di atas tempat tidur seraya menyambut ajal seiring air beku Samudra Atlantik memenuhi kapal dan menelan Titanic di kegelapan malam.

Adegan itu ternyata terinspirasi dari kisah nyata. 

Salah satu adegan dalam film Titanic (1997) yang disutradarai James Cameron memperlihatkan pasangan lansia yang memilih mati bersama saat kapal pesiar mewah itu tenggelam di Samudra Atlantik, 14 April 1912. (Sumber: Paramount Pictures)

Adalah Isidor dan Ida Straus, pasangan lansia kaya raya yang turut tewas saat Titanic tenggelam dalam pelayaran perdananya di tahun 1912. Isidor adalah salah satu pemilik jaringan toserba Macy’s yang terkenal.

Isidor dan Ida Straus adalah penumpang kelas satu di Titanic, dan keduanya memilih mati bersama saat kapal yang diklaim tak bisa tenggelam itu mulai terbenam usai menabrak sebuah gunung es.

Baca Juga: Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic: Kru Fokus Mencari Suara di Bawah Laut

Melansir Insider, Kamis (22/6/2023), cicit Isidor dan Ida, Paul A Kurzman mengungkapkan kisah tragis mereka di Today Show pada Desember 2017.

Saat Titanic mulai tenggelam, perempuan dan anak-anak diberikan prioritas untuk naik ke sekoci penyelamat. Namun, seorang petugas kapal membuat perkeculian bagi Isidor lantaran usianya yang sudah tua, dan karena ia termasuk salah satu orang penting.

“Dan kakek buyut saya bilang, ‘Tidak. Sampai saya melihat setiap perempuan dan anak-anak di kapal ini naik ke sekoci, saya sendiri tidak akan naik ke sekoci,” tutur Kurzman mengisahkan ucapan Isidor.

Ida sang istri pun lalu memutuskan untuk tinggal di kapal Titanic bersama suaminya.

Baca Juga: Kapal Selam Wisata Titanic Hilang, Ternyata Keamanannya Sempat Dipertanyakan pada 2018

Pembantu Ida, Ellen Bird, berhasil selamat dari tragedi itu dan menyaksikan saat-saat terakhir pasangan itu.



Sumber : Insider/New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x