Kompas TV internasional kompas dunia

PPLN Wellington Tetapkan DPT Pemilu 2024

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 03:05 WIB
ppln-wellington-tetapkan-dpt-pemilu-2024
Ketua PPLN Wellington Ridwan (kanan) menyerahkan DPT pemilu 2024 kepada Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Suebu di KBRI Wellington, Selandia Baru, Rabu (21/6/2023). (Sumber: Tussie Ayu/ Kompas TV)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Wellington menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, Rabu (21/6/2023). Dalam DPT ini tercatat total 5.371 calon pemilih yang terdaftar di negara-negara akreditasi KBRI Wellington, yaitu Selandia Baru, Kepulauan Cook, Niue, Samoa, dan Tonga.

DPT diserahkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT tahun 2024 di Ruang Indonesia, KBRI Wellington. Rapat Pleno dihadiri oleh Duta Besar RI Fientje Suebu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri Wellington Radi Rintarto, dan sejumlah unsur masyarakat Indonesia.

Dari total 5.371 calon pemilih, tercatat terdapat 2.402 calon pemilih laki-laki dan 2.969 calon pemilih perempuan. Seluruh pemilih akan tersebar di dua TPS yang berada di Selandia Baru, yaitu TPS Wellington dan TPS Auckland.

Selain itu, calon pemilih juga dapat menggunakan hak suaranya melalui pos. Tercatat ada 4.879 calon pemilih di wilayah akreditasi KBRI Wellington yang akan menggunakan hak suaranya melalui pos.

Baca Juga: PPLN Wellington Serahkan DPS Pemilu 2024 kepada Dubes RI dan Panwaslu

“Ini adalah data terbaik yang kami miliki saat ini, yang akan digunakan untuk pemilu Februari 2024,” ujar Ridwan yang merupakan Ketua PPLN Wellington.

Meskipun demikian, Ridwan tidak memungkiri adanya potensi pemilih yang terdaftar ganda, baik antar TPS di Selandia Baru ataupun antar negara, yang disebabkan oleh perpindahan calon pemilih. Untuk mengantisipasi kemungkinan itu, ia menyatakan akan tetap melakukan pemeriksaan ulang.

Menurutnya, ketentuan KPU masih memungkinkan terjadinya perubahan DPT dengan alasan-alasan tertentu.

Baca Juga: Wellington Lantern Festival, Indonesia Hadir dengan Lentera Komodo Raksasa

“Berdasarkan ketentuan KPU, alamat calon pemilih masih memungkinkan untuk berubah. Selain itu pindah TPS masih dimungkinkan. Namun untuk yang belum terdaftar sama sekali, bisa diakomodasi pada saat hari H, untuk dimasukkan dalam daftar pemilih khusus jika masih tersedia surat suara,” ujarnya.

Acara kemudian ditutup dengan penandatanganan berita acara penetapan DPT dan penyerahan DPT kepada Dubes RI di Selandia Baru dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri Wellington.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x