Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden: Ancaman Nuklir Vladimir Putin Nyata

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 19:42 WIB
joe-biden-ancaman-nuklir-vladimir-putin-nyata
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Joe Biden menyebut ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir "nyata". Hal tersebut disampaikan Biden usai Putin menerjunkan senjata nuklir taktis ke Belarusia. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir "nyata". Hal tersebut disampaikan Biden usai Putin menerjunkan senjata nuklir taktis ke Belarusia.

Pemerintahan Biden pun mengecam penerjunan senjata nuklir taktis ke Belarusia sebagai aksi "tidak bertanggung jawab".

Baca Juga: Rusia Dituduh Culik Anak-Anak Ukraina, Vladimir Putin: Kami Menyelamatkan Mereka

"Ketika saya berada di sini dua tahun lalu, saya berkata bahwa saya khawatir tentang keringnya sungai Colorado, semua orang menatap saya seperti orang gila," kata Biden ketika menemui sekelompok penyumbangnya di negara bagian California, Senin (19/6/2023) sebagaimana dikutip The Guardian.

"Mereka melihat saya seperti itu ketika saya khawatir tentang penggunaan senjata nuklir taktis oleh Putin. Itu nyata," lanjutnya.


Sejak menginvasi Ukraina, Putin telah beberapa kali menyampaikan ancaman penggunaan senjata nuklir. Namun, berbagai kalangan menilai pemimpin Rusia itu sekadar menggertak.

Ancaman nuklir Putin kembali disorot usai mengumumkan penerjunan senjata nuklir taktis ke Belarusia. Ini adalah pertama kalinya Moskow menaruh senjata nuklir di luar Rusia sejak runtuhnya Uni Soviet.

Pekan lalu, Presiden Belarusia Aleksandar Lukashenko menyebut pihaknya siap menggunakan senjata nuklir Rusia jika kedaulatannya terancam. Ia mengeklaim sejumlah senjata nuklir taktis yang dimiliki Rusia lebuh kuat dari bom atom AS di Hiroshima dan Nagasaki.

Baca Juga: Pemimpin Belarusia Sebut Tak Ragu Gunakan Senjata Nuklir Rusia jika Negaranya Diserang

 



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x