Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes RI untuk Jepang: Kunjungan Naruhito Simbol Eratnya Hubungan Indonesia - Jepang

Kompas.tv - 18 Juni 2023, 06:30 WIB
dubes-ri-untuk-jepang-kunjungan-naruhito-simbol-eratnya-hubungan-indonesia-jepang
Kaisar Naruhito disambut menteri PUPR Basuki Hadimulyono. "Saya sangat senang dapat berkunjung di tahun tonggak peringatan 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia dan peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama Jepang-ASEAN," ungkap Naruhito memulai jumpa pers sebelum berangkat ke Indonesia, Kamis (15/6/2023). (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi mengatakan kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Indonesia adalah simbol peningkatan hubungan persahabatan kedua negara yang kini memasuki 65 tahun.

Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Sabtu (18/6/2023). Ini adalah kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik takhta pada 2019.

"Kedatangan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako menandakan semakin eratnya hubungan Indonesia dan Jepang," kata Heri dalam keterangan KBRI Tokyo yang diterima, Sabtu (17/6/2023).

"Ini bertepatan pula dengan keketuaan Indonesia di ASEAN dan 50 tahun hubungan kerja sama ASEAN-Jepang," kata Dubes Heri.

Selama di Indonesia, Naruhito akan memulai kunjungannya ke Depo MRT Lebak Bulus dan Stasiun Pompa Waduk Pluit, Jakarta pada 18 Juni.

Pada hari berikutnya, Kaisar Jepang itu akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara di Istana Bogor. Pada 20 Juni, Naruhito dan Masako akan mengikuti upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan kemudian berkunjung ke Museum Nasional.

Mereka juga akan mengunjungi Universitas Darma Persada dan SMK Mitra Industri MM2100 di Bekasi, sekolah yang didirikan dan dikelola oleh perusahaan Jepang.

Hari Rabu (21/6/2023), Kaisar Naruhito akan tiba di Yogyakarta untuk melakukan kunjungan ke Balai Teknik Sabo dan Keraton Yogyakarta diterima Sri Sultan Hamengkubuwono X, disusul jamuan makan di Keraton.

Baca Juga: Kaisar Jepang Tiba di Indonesia untuk Kunjungan Kenegaraan Pertama, Temui Presiden Joko Widodo

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang tiba di Jakarta hari Sabtu (17/6/2023) untuk kunjungan kenegaraan pertama mereka sejak naik takhta sebagai Kaisar tahun 2019. (Sumber: The Japan Times)

Pada 22 Juni, Kaisar Naruhito akan mengunjungi Candi Borobudur dan kembali ke Jepang pada 23 Juni.

Naruhito, yang lahir pada 23 Februari 1960, naik takhta pada 1 Mei 2019 untuk melanjutkan kepemimpinan sang ayah, Kaisar Akihito, yang turun takhta pada 30 April 2019. Lawatan kali ini merupakan kunjungan kedua Kaisar Jepang ke Indonesia. Sebelumnya, Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko melakukan kunjungan pertama ke Indonesia pada 1991.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang tiba di Jakarta, Sabtu (17/6/2023), untuk kunjungan kenegaraan pertama mereka sejak naik takhta sebagai Kaisar tahun 2019.

"Saya sangat senang dapat berkunjung di tahun tonggak peringatan 65 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia dan peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama Jepang-ASEAN," ungkap Naruhito memulai jumpa pers sebelum berangkat ke Indonesia, Kamis (15/6/2023).

Jepang menguasai Indonesia selama lebih dari tiga tahun selama dan setelah Perang Dunia II, merebutnya dari Hindia Belanda tanpa pertempuran dan menghancurkan citra superioritas Belanda.

Penyerahan Jepang pada akhir perang membuka jalan bagi kemerdekaan Indonesia tahun 1945 meskipun Belanda berusaha merebut kembali koloni lamanya.

"Sejak perang, Jepang bekerja keras untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran internasional negara-negara Asia termasuk Indonesia," kata Kaisar Naruhito kepada wartawan pada hari Kamis sebelum perjalanan.

"Berdasarkan sejarah diplomasi kedua negara, saya berharap kunjungan ini akan membantu memperdalam hubungan persahabatan antara negara kita."

 



Sumber : Kedubes RI untuk Jepang / Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x