Kompas TV internasional kompas dunia

Bus Pernikahan Terguling di Australia, 10 Orang Tewas

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 06:39 WIB
bus-pernikahan-terguling-di-australia-10-orang-tewas
Ilustrasi kecelakaan bus (Sumber: kanalaceh)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

CANBERRA, KOMPAS.TV - Sepuluh orang tewas ketika sebuah bus yang membawa sekitar 40 tamu undangan pernikahan terguling di Greta, Australia. Bus itu terguling setelah para tamu undangan menghadiri pernikahan di Kebun Anggur Wandin Estate. 

Selain 10 orang tewas, 11 orang lainnya terluka dan telah dibawa ke rumah sakit dengan menggunakan helikopter dan jalan darat. Sedangkan 18 orang lainnya tidak terluka. 

Pengemudi bus adalah seorang pria berusia 58 tahun, yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit di bawah penjagaan polisi untuk menjalani pemeriksaan. 

Baca Juga: Pria Australia Dipenjara 9 Tahun Karena Pembunuhan Tahun 1988

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 11.30 malam dalam kondisi berkabut di Wine Country Drive di kota Greta. Polisi mengatakan mereka telah memulai penyelidikan atas penyebab terjadinya kecelakaan itu.

Media Australia melaporkan para tamu sebelumnya menghadiri pernikahan di Perkebunan Anggur Wandin Estate. Seorang tamu mengatakan pernikahan berjalan dengan lancar dan indah, sebelum tragedi mengerikan itu terjadi. 


 

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese men-tweet ucapan duka cita atas peristiwa ini. 

"Semua warga Australia (pagi ini) terbangun dengan berita tragis. Kami mengirimkan simpati terdalam kami kepada orang-orang terkasih dari mereka yang tewas dalam tragedi bus yang mengerikan ini," tulis Albanese dalam akun Twitternya. 

Jay Suvaal, walikota Cessnock, yang merupakan kota terdekat dari lokasi kejadian, mengatakan kecelakaan itu benar-benar mengerikan.

Baca Juga: Pertemuan Hangat Prabowo dengan Wakil PM Australia, Bahas Pertahanan

“Kami adalah destinasi pernikahan utama dan merupakan tujuan wisata di Hunter Valley. Ada banyak orang-orang dari seluruh negara bagian yang pernah berkunjung ke daerah ini dan mungkin telah melakukan hal serupa,” katanya kepada Network Nine. “Saya pikir itu akan mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh komunitas yang lebih luas,” tambahnya.

Greta berada di jantung kawasan anggur Hunter Valley. Area ini sangat indah dan dipenuhi kebun anggur dan restoran. Wilayah itu merupakan kawasan kebun anggur pertama yang didirikan di Australia. 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x