Kompas TV internasional kompas dunia

Cerita 4 Anak Kolombia yang Selamat usai Terjebak 40 Hari di Hutan, Bertahan Hidup dengan Makan Ini

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 17:27 WIB
cerita-4-anak-kolombia-yang-selamat-usai-terjebak-40-hari-di-hutan-bertahan-hidup-dengan-makan-ini
Foto yang dirilis Kantor Pers Angkatan Bersenjata Kolombia memperlihatkan tentara dan warga suku asli merawat empat anak-anak suku asli yang hilang setelah terjadinya kecelakaan pesawat di hutan di Solano, negara bagian Caqueta, Kolombia, Jumat, 9 Juni 2023. Keempat anak itu selamat dalam kecelakaan pesawat yang terjadi 40 hari sebelumnya. (Sumber: Kantor Pers Angkatan Bersenjata Kolombia via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BOGOTA, KOMPAS.TV - Keluarga empat anak suku asli di Kolombia yang bertahan hidup di hutan Amazon usai terjadinya kecelakaan pesawat, membeberkan cara anak-anak itu bertahan hidup.

Penemuan empat anak itu pada Jumat (9/6/2023) lalu pun menjadi akhir bahagia dari upaya pencarian menggusarkan yang menyatukan militer Kolombia dan warga suku asli.

Empat anak dari suku asli Huitoto itu menumpang pesawat Cessna yang jatuh di hutan Amazon pada 1 Mei lalu. Kecelakaan ini menewaskan ibu mereka dan dua orang dewasa lain.

Baca Juga: 40 Hari Hilang di Hutan Amazon, 4 Bocah Ditemukan Selamat Berkat Belajar Cara Bertahan Hidup

Empat anak itu, masing-masing berusia 13, 11, 9, dan 4 tahun, kemudian bertahan hidup di hutan belantara selama 40 hari.

Mereka ditemukan dalam kondisi lemas dan penuh gigitan serangga sebelum dibawa ke rumah sakit di Bogota.

Paman anak-anak itu, Fidencio Valencia, menyebut anak-anak itu bertahan hidup dengan farina atau tepung singkong yang umum dikonsumsi di kawasan Amazon.

Mereka kemudian bertahan hidup di hutan yang penuh ular dan binatang liar dengan pengetahuan warisan leluhur.

"Ketika pesawatnya jatuh, mereka mengambil sekarung farina. Dan dengan itu, mereka bertahan hidup," kata Valencia, dilansir Associated Press, Minggu (11/6/2023).



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x