Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Hukum Trump Bisa Bikin Runyam Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2024, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 07:10 WIB
kasus-hukum-trump-bisa-bikin-runyam-pemilihan-presiden-amerika-serikat-2024-ini-penjelasannya
Kasus dan status hukum Donald Trump membuka kemungkinan yang belum pernah ada sebelumnya bila terpilih, yaitu Amerika Serikat punya presiden yang sedang diusut kasus kriminal atau menjalankan pemerintahan dari dalam sel penjara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Menghadapi beberapa dakwaan federal atas penyimpanan dokumen rahasia pemerintah, kasus dan status hukum Donald Trump membuka kemungkinan yang belum pernah ada sebelumnya bila terpilih, yaitu Amerika Serikat punya presiden yang sedang diusut kasus kriminal atau menjalankan pemerintahan dari dalam sel penjara.

Miliarder yang tegas ini menolak gagasan ia akan mundur dari kontes utama partainya, malah mengadopsi taktik favoritnya dengan menuduh lawan politiknya yang "korup" melakukan campur tangan dalam pemilihan.

"Kemungkinan ini tidak akan memengaruhi pemilih yang belum memutuskan pilihan, tetapi akan membangkitkan dukungan bagi pendukung Trump yang mungkin sedikit ragu atau mencari kandidat yang lebih bersih," kata Matt Shoemaker, seorang analis keamanan nasional dan mantan perwira intelijen, seperti yang dikutip oleh France24, Sabtu (10/6/2023).

Jaksa penuntut dalam kasus dokumen federal dan penyelidikan penipuan keuangan tingkat negara yang menargetkan Trump di New York berharap dapat mengadilinya sebelum negara ini melangsungkan pemilihan dalam 17 bulan ke depan.

Namun tidak ada jaminan kedua kasus tersebut akan segera selesai, dan Trump juga menghadapi penyelidikan federal terkait upayanya untuk menggagalkan pemilihan tahun 2020.

Jika ia terpilih kembali, kemungkinan besar ia akan menghentikan semua penuntutan federal yang masih berlangsung dengan mencoba memberikan pengampunan pada dirinya sendiri, sebuah skenario yang belum pernah terjadi sebelumnya dan hampir pasti akan memicu krisis konstitusional.

Namun, ia tidak akan memiliki pengaruh besar terhadap kasus tingkat negara dan kekhawatiran yang lebih mendesak baginya adalah kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh masalah hukumnya terhadap kampanyenya untuk memenangkan nominasi Partai Republik.

Baca Juga: Trump Hadapi 37 Dakwaan, Terungkap Membocorkan Rencana dan Peta Militer Sensitif

Dokumen sangat rahasia dan sensitif Amerika Serikat disimpan di kamar mandi kediaman Trump di Miami. Kasus dan status hukum Donald Trump membuka kemungkinan yang belum pernah ada sebelumnya bila terpilih, yaitu Amerika Serikat punya presiden yang sedang diusut kasus kriminal atau menjalankan pemerintahan dari dalam sel penjara. (Sumber: AP Photo)

Menyerang secara Langsung?

Dakwaan terbaru terkait penyimpanan dokumen rahasia negara di kediaman pribadi memberikan kesempatan bagi pesaing utama Trump, Gubernur Florida Ron DeSantis, mantan Wakil Presiden Mike Pence, dan lainnya - untuk mengkritik bahwa Trump tidak pantas memegang jabatan tersebut.

Namun, mereka berisiko membuat basis pendukung Trump menjauh dan dukungan mereka justru semakin kuat sejak dakwaan di Manhattan.

Akibatnya, banyak saingan Trump yang berdiri di pihak Trump, mungkin berharap menunggu waktu yang tepat sampai ia akhirnya dikeluarkan dari perlombaan melalui dakwaan lebih lanjut yang diharapkan akan muncul dalam beberapa bulan mendatang.



Sumber : France24

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.