Kompas TV internasional kompas dunia

Al-Shabab Serang Hotel di Mogadishu Somalia: Penyerbuan Semalam Suntuk, Sembilan Tewas

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 18:27 WIB
al-shabab-serang-hotel-di-mogadishu-somalia-penyerbuan-semalam-suntuk-sembilan-tewas
Seorang tentara Somalia berdiri di dekat jendela-jendela yang rusak di Hotel Pearl Beach di Mogadishu, Somalia, Sabtu, 10 Juni 2023. Kelompok ekstremis menyerbu hotel di pinggir pantai itu pada Jumat, 9 Juni 2023. (Sumber: AP Photo/ Farah Abdi Warsameh)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MOGADISHU, KOMPAS.TV - Milisi Al-Shabab dilaporkan menyerang sebuah hotel terkenal di tepi pantai Mogadishu, Somalia, Jumat (9/6/2023) malam waktu setempat. Pada Sabtu (10/6), pihak kepolisian menyebut sembilan orang tewas dalam serangan ini, termasuk tiga tentara.

Pihak kepolisian juga menyebut sepuluh orang terluka akibat serbuan milisi. Sementara itu, 84 orang yang sempat terjebak akibat penyerbuan Al-Shabab, berhasil diselamatkan.

Baca Juga: 54 Personel Pasukan Perdamaian Uni Afrika Tewas Dibunuh Teroris ISIS Al Shabaab di Somalia

Menurut keterangan saksi mata, milisi Al-Shabab menyerang Hotel Pearl Beach sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Penyerbuan ini berakhir pada Sabtu (10/6) pagi waktu setempat.

"Apa yang terjadi semalam sangat tragis dan terjadi di tempat dan waktu tak terduga," kata Abdulkadir Adan, direktur sebuah layanan ambulans di Mogadishu, sebagaimana dikutip Associated Press.

Mulki Osman, saksi mata di lokasi kejadian, mengaku ia dan teman-temannya "langsung kabur untuk mencari perlindungan" ketika mendengar suara ledakan dan tembakan.

Sejumlah orang disebut sempat terjebak di dalam hotel begitu serbuan Al-Shabab dimulai.

Hotel Pearl Beach yang terletak di kawasan Pantai Lido, Mogadishu dikenal sebagai tempat yang kerap dikunjungi pejabat pemerintah Somalia. Pantai Lido sendiri merupakan salah satu destinasi terfavorit di Mogadishu.

Kelompok Al-Shabab, terafiliasi dengan Al-Qaida di Afrika Timur, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Kelompok ini kerap meluncurkan serangan ke hotel-hotel dan tempat populer lain di Mogadishu.

Baca Juga: 21 Orang Tewas dalam Pertempuran Somalia Melawan Kelompok Al Shabaab di Daerah Terpencil


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x