Kompas TV internasional kompas dunia

Gedung Putih Tuding Iran Bantu Rusia Bangun Pabrik Drone Tempur Dekat Moskow untuk Perang di Ukraina

Kompas.tv - 10 Juni 2023, 01:05 WIB
gedung-putih-tuding-iran-bantu-rusia-bangun-pabrik-drone-tempur-dekat-moskow-untuk-perang-di-ukraina
Juru bicara gedung putih menuding Iran memberikan bahan kepada Rusia untuk membangun pabrik pembuatan drone tempur di sebelah timur Moskow karena Kremlin mencari pasokan senjata yang stabil untuk serangan Ukraina yang sedang berlangsung. (Sumber: AP Photo / Maxar)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat menuding Iran telah memberikan bahan kepada Rusia untuk membangun pabrik pembuatan drone tempur di sebelah timur Moskow. Kremlin diyakini sedang mencari pasokan senjata yang stabil untuk serangan kepada Ukraina.

Tudingan itu berdasarkan temuan intelijen Amerika Serikat yang dirilis oleh Gedung Putih, Jumat (9/6/2023).

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, mengatakan pejabat intelijen AS percaya pabrik di zona ekonomi khusus Alabuga Rusia dapat beroperasi pada awal tahun depan. 

Belum ada komentar dari Teheran maupun Moskow atas tudingan terbaru tersebut. Kerja sama itu sendiri berdasarkan pengetahuan umum, sifatnya bilateral antara dua negara berdaulat, yaitu Rusia dan Iran.

Gedung Putih juga merilis citra satelit yang diambil pada bulan April dari lokasi industri, beberapa ratus mil di sebelah timur Moskow, tempat mereka percaya pabrik "mungkin akan dibangun".

Pemerintahan Presiden Joe Biden secara terbuka bulan Desember menyatakan mereka percaya Teheran dan Moskow sedang mempertimbangkan untuk mendirikan lini perakitan drone di Rusia untuk perang di Ukraina.

Data intelijen terbaru Amerika Serikat menunjukkan bahwa proyek tersebut, di wilayah Yelabuga Tatarstan, telah melampaui tahap konsepsi.

Iran mengatakan mereka telah memberikan drone kepada Rusia sebelum dimulainya perang, tetapi tidak sejak saat itu.

Baca Juga: Rusia Hantam Kiev dalam Serangan Udara Besar-Besaran Gunakan Drone dan Rudal Jarak Jauh

Drone Shahed 129 buatan Iran. Juru bicara gedung putih menuding Iran memberikan bahan kepada Rusia untuk membangun pabrik pembuatan drone tempur di sebelah timur Moskow karena Kremlin mencari pasokan senjata yang stabil untuk serangan Ukraina yang sedang berlangsung. (Sumber: The Associated Press)

Kirby mengatakan, pejabat AS juga telah menentukan bahwa Iran terus memasok militer Rusia dengan drone serangan satu arah yang dibuat di Iran. Drone tersebut dikirim melalui Laut Kaspia, dari Amirabad di Iran ke Makhachkala, Rusia, dan kemudian digunakan oleh pasukan Rusia melawan Ukraina.

Hingga bulan Mei, Rusia menerima ratusan drone serangan satu arah, serta peralatan terkait produksi drone dari Iran, menurut Gedung Putih.

"Ini adalah kemitraan pertahanan penuh yang merugikan Ukraina, tetangga Iran, dan komunitas internasional," klaim Kirby.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x