Kompas TV internasional kompas dunia

Update Korban Tiga Kereta Api Tabrakan di India: 207 Orang Tewas, 900 Lainnya Luka-luka

Kompas.tv - 3 Juni 2023, 07:38 WIB
update-korban-tiga-kereta-api-tabrakan-di-india-207-orang-tewas-900-lainnya-luka-luka
Dua kereta penumpang keluar jalur di India hari Jumat (2/6/2023), menewaskan sedikitnya 50 orang dan menjerat ratusan orang di dalam lebih dari dua belas gerbong yang rusak, kata pejabat India seperti laporan Associated Press, Sabtu, (3/6/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

ODISHA, KOMPAS.TV - Kecelakaan maut tabrakan kereta api di India bagian Odisha timur mengakibatkan setidaknya 207 orang tewas dan 900 lainnya luka-luka.

Melansir Hindustan Times, peristiwa mengerikan itu terjadi pada Jumat (2/6/2023) pukul 7 malam waktu setempat ketika 10 hingga 12 gerbong Coromandel Express tujuan Shalimar-Chennai tergelincir dan keluar jalur.

Dari arah berlawanan kereta Howrah Superfast Express yang melaju dari Yeswanthpur ke Howrah, menabrak gerbong Coromandel Express menyebabkan tiga hingga empat gerbongnya tergbalik.

Pejabat India mengatakan, kereta barang yang sedang berhenti di lokasi juga terlibat dalam insiden tabrakan mengerikan tersebut.

Baca Juga: Kereta Penumpang Keluar Jalur di India, 50 Orang Dipastikan Tewas dan Banyak yang Masih Terperangkap

Kepala sekretaris Odisha Pradeep Jena mengatakan, lebih dari 200 ambulans dikirim ke tempat kejadian di distrik Balasore untuk evakuasi dan upaya penyelamatan.

Akibat peristiwa tersebut diperkirakan korban tewas akan terus meningkat. Jena mengatakan sebelumnya bahwa lebih dari 100 dokter tambahan telah dikerahkan.

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi melalui akun Twitternya menyampaikan duka cita kepada keluarga korban akan fokus pada insiden tersebut.

"Operasi penyelamatan sedang berlangsung di lokasi kecelakaan dan semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak," cuitnya.


Kengerian dari Kesaksian Korban Selamat

Seorang penumpang laki-laki yang selamat mengungkapkan kengerian ketika kereta api tabrakan itu terjadi.

"Ada 10 sampai 15 orang menimpa saya ketika kecelakaan itu terjadi dan semuanya menjadi kacau. Saya berada di dasar tumpukan."

Baca Juga: Sadis! Pria India Bunuh Gadis ABG karena Tak Mau Diputus, Warga Saksikan Pembunuhan tapi Diam Saja

"Saya terluka di tangan saya dan juga bagian belakang leher saya. Ketika saya keluar dari bogie kereta, saya melihat seseorang kehilangan tangan, seseorang kehilangan kaki, sementara wajah seseorang berubah bentuk," kata korban yang selamat kepada kantor berita ANI India.

Beberapa penumpang yang selamat terlihat bergegas untuk membantu menyelamatkan mereka yang terjebak di reruntuhan.

Hingga kini, pihak berwenang belum menjelaskan lebih rinci baik kronologi maupun penyebab kereta api tabrakan di India tersebut.

 



Sumber : Hindustan Times, BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x