Kompas TV internasional kompas dunia

Yordania Memulai Perayaan Jelang Pernikahan Putra Mahkota Hussein dan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 11:20 WIB
yordania-memulai-perayaan-jelang-pernikahan-putra-mahkota-hussein-dan-rajwa-al-saif-dari-arab-saudi
Pangeran Hussein dan tunangannya, Rajwa Khaled diapit Raja Yordania Abdullah II dan Ratu Rania. Yordania memulai perayaan jelang pernikahan putra mahkota kerajaan Yordania, Pangeran Al-Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif, yang masih sepupu putra mahkota kerajaan Arab Saudi hari Rabu, (31/5/2023) (Sumber: Al Arabiya)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

AMMAN, KOMPAS.TV - Yordania memulai perayaan menjelang pernikahan putra mahkota kerajaan Yordania, Pangeran Al-Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif, yang masih sepupu putra mahkota kerajaan Arab Saudi hari Rabu (31/5/2023).

Seperti laporan Jordan News Agency, upacara dan ijab kabul pernikahan akan berlangsung besok Kamis (1/6).

Pernikahan Putra Mahkota Kerajaan Yordania adalah pernikahan kerajaan besar pertamanya dalam 30 tahun saat Putra Mahkota Hussein akan menikah dengan tunangan Saudi Rajwa al-Saif.

Pasangan tersebut akan menikah di tempat yang sama dengan ayah dan kakeknya di pusat kota Amman, dalam sebuah upacara pernikahan yang dirancang untuk menunjukkan stabilitas dan kelanjutan di lingkungan kerajaan.

Penghulu Besar Kerajaan Hashemite Yordania mengumumkan bahwa upacara pernikahan akan berlangsung di Istana Zahran di ibu kota Yordania, Amman. Prosesi pernikahan kemudian akan berpindah ke Istana Al Husseiniya yang akan dihadiri oleh kepala negara internasional dan keluarga kerajaan Yordania.

Istana Zahran dibangun tahun 1957, adalah lokasi yang sama di mana Raja Abdullah II menikahi Ratu Rania pada tahun 1993.

Raja dan ratu Yordania, yang akan merayakan tiga dekade pernikahan pada 10 Juni, meninggalkan Istana Zahran dengan mobil terbuka untuk mengikuti prosesi di jalan-jalan Amman, di mana mereka disambut oleh kerumunan yang menyayangi mereka.

Baca Juga: Saddam Hussein Masih Jadi Idola Publik Yordania 20 Tahun setelah Dijatuhkan Amerika Serikat

Calon istri Pangeran Hussein dari Yordania, Rajwa Khaled yang masih sepupu Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman. (Sumber: Instragram/Rajwa Khaled)

Pangeran Hussein punya gelar Sejarah Internasional Universitas Georgetown dan diyakini keturunan langsung ke-44 Rasulullah Muhammad, SAW.

Tunangannya, Rajwa al-Saif, adalah seorang arsitek yang juga pernah tinggal dan bekerja di Amerika Serikat - dan merupakan sepupu kedua dari Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman. Sedikit yang diketahui tentang bagaimana pasangan tersebut bertemu, sebelum pertunangan mereka pada bulan Agustus tahun lalu.

Perayaan selama dua hari ini akan mencakup jamuan makan kerajaan yang diadakan oleh Raja Abdullah II di Istana Kerajaan Hashemite Yordania, dengan 4.000 orang dari seluruh Yordania menghadiri acara tersebut.

Jamuan makan tersebut akan menampilkan pembacaan puisi, nyanyian, dan lagu-lagu rakyat Yordania.

Pernikahan kerajaan Yordania dan warga Saudi ini telah menarik perhatian media lokal, regional, dan internasional, melaporkan Petra. Beberapa jaringan televisi akan menyiarkan upacara pernikahan pada hari Kamis.

Baca Juga: Yordania Kini Bela Suriah Usai Presiden Suriah Bashar al-Assad Telepon Raja Yordania Abullah II

Yordania memulai perayaan menjelang pernikahan putra mahkota kerajaan Yordania, Pangeran Al-Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif, yang masih sepupu putra mahkota kerajaan Arab Saudi hari Rabu, (31/5/2023) (Sumber: Arab News)

Persiapan Henna

Pada malam Senin, ibu Hussein, Ratu Rania, mengadakan pesta Henna tradisional yang dihadiri oleh 600 orang untuk Rajwa sebagai awal perayaan minggu ini.

Anggota baru keluarga Hashemite tersebut masuk dengan hujan mawar dan musik yang dinyanyikan oleh penulis lagu Yordania, Nedaa Sharara.

Sembilan seniman Henna profesional dari seluruh Yordania melukis tangan Rajwa sementara Ratu Rania menyambut menantunya yang baru ke kerajaan.




Sumber : Arab News / Al Arabiya / Jordan News Agency


BERITA LAINNYA



Close Ads x