Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Kirim 8 Drone Serang Moskow, Rusia Klaim Tembak Jatuh 5 dan Retas 3 Drone

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 19:54 WIB
ukraina-kirim-8-drone-serang-moskow-rusia-klaim-tembak-jatuh-5-dan-retas-3-drone
Rusia mengklaim berhasil jatuhkan 8 drone Ukraina yang menyerang Moskow hari Senin (29/5/2023). Sebanyak lima drone ditembak dan tiga drone lainnya di-hack hingga keluar jalur (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Pertahanan udara Rusia mengeklaim berhasil menjatuhkan 8 drone yang menyerang Moskow, demikian disampaikan pejabat Rusia hari Selasa (30/5/223), seraya menuding Ukraina sebagai pelaku, sementara Rusia terus melancarkan serangan mematikan terhadap Kiev dengan serangan ketiga dalam waktu 24 jam.

Kementerian Pertahanan Rusia seperti yang dilaporkan oleh Associated Press menyatakan lima drone berhasil ditembak jatuh dan tiga drone lainnya di-hack atau diretas hingga keluar jalur. Mereka menyebut kejadian ini sebagai "serangan teroris oleh rezim Kiev".

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan serangan tersebut menyebabkan "kerusakan yang tidak signifikan" pada beberapa bangunan.

Dalam unggahan di Telegram, ia mengatakan dua orang mendapat perawatan medis akibat cedera yang tidak disebutkan secara rinci, tetapi mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit. Penduduk dari dua gedung pencakar langit yang rusak akibat serangan itu dievakuasi, kata Sobyanin.

Andrei Vorobyov, gubernur wilayah Moskow yang lebih luas, mengatakan beberapa drone "ditembak jatuh saat mendekati Moskow".

Ukraina belum memberikan komentar langsung terkait serangan ini, yang merupakan serangan terdalam dan paling berani yang dilancarkan oleh Ukraina ke Rusia sejak Kremlin meluncurkan invasi penuh skala terhadap Ukraina lebih dari 15 bulan yang lalu.

Serangan-serangan ini menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas sistem pertahanan udara Rusia.

Baca Juga: Soal Biden Kritik Penerjunan Senjata Nuklir Taktis Rusia, Moskow Minta AS Introspeksi

Pasukan pertahanan udara Ukraina berusaha menangkis rentetan serangan drone Rusia diatas Kiev. Rusia mengeklaim berhasil menjatuhkan 8 drone Ukraina yang menyerang Moskow hari Senin, 5 drone ditembak dan tiga drone lainnya di-hack hingga keluar jalur. (Sumber: AP Photo)

Seorang anggota parlemen Rusia senior, Andrei Kartapolov, mengatakan kepada situs berita bisnis Rusia RBC bahwa "kami punya negara yang sangat besar dan selalu ada celah di mana drone dapat terbang mengelilingi area-area di mana sistem pertahanan udara berada."

Kartapolov mengatakan tujuan dari serangan-serangan ini adalah untuk mengganggu penduduk Rusia. "Ini adalah tindakan intimidasi yang ditujukan kepada penduduk sipil," RBC mengutipnya. "Ini dirancang untuk menciptakan gelombang kepanikan."

Warga Moskow melaporkan mendengar ledakan sebelum fajar. Polisi terlihat bekerja di satu lokasi drone yang jatuh di Moskow bagian barat daya. Area di dekat gedung hunian ditutup dengan pagar, dan polisi meletakkan puing-puing drone dalam kotak kardus sebelum membawanya pergi.

Di lokasi lain, jendela-jendela apartemen pecah dan terdapat bekas luka bakar di bagian depan gedung.

Ini adalah serangan kedua yang dilaporkan terhadap Moskow. Otoritas Rusia mengatakan dua drone menargetkan Kremlin pada awal bulan ini yang mereka gambarkan sebagai upaya untuk membunuh Presiden Vladimir Putin.

Dilaporkan drone-drone Ukraina terbang jauh ke dalam wilayah Rusia beberapa kali. Pada bulan Desember, Rusia mengeklaim telah menembak jatuh drone di lapangan udara di wilayah Saratov dan Ryazan. Tiga tentara dilaporkan tewas dalam serangan di Saratov yang menargetkan pangkalan udara militer penting.

Sebelumnya, Rusia melaporkan menembak jatuh drone Ukraina yang menargetkan markas angkatan lautnya di Sevastopol di Krimea yang dianeksasi Rusia.

Baca Juga: Rentetan Rudal Iskander Rusia Hajar Ukraina Tengah Hari Bolong, Kiev Klaim Tembak Jatuh Semuanya

Pasukan pertahanan udara Ukraina berusaha menangkis rentetan serangan drone Rusia diatas Kiev. Rusia mengklaim berhasil jatuhkan delapan drone Ukraina yang menyerang Moskow hari Senin, 5 drone ditembak dan tiga drone lainnya di hack hingga keluar jalur. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.