Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Tuduh Ukraina Kembali Serang Belgorod Rusia, Ukraina Tuding Rusia Serang Klinik di Dnipro

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 23:00 WIB
rusia-tuduh-ukraina-kembali-serang-belgorod-rusia-ukraina-tuding-rusia-serang-klinik-di-dnipro
Dua kendaraan Humvee buatan Amerika Serikat yang hanya digunakan pasukan Ukraina terlihat hancur di Belgorod, Rusia. Rusia menuduh Ukraina kembali melakukan serangan militer ke wilayah Belgorod di selatan Rusia yang berbatasan dengan Ukraina melalui salvo tembakan artileri, mortir, dan pesawat tanpa awak hari Jumat (26/5/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Rusia menuduh Ukraina kembali melakukan serangan militer ke wilayah Belgorod di selatan Rusia yang berbatasan dengan Ukraina melalui salvo tembakan artileri, mortir, dan pesawat tanpa awak hari Jumat (26/5/2023), demikian yang diumumkan oleh pihak berwenang Rusia seperti laporan Associated Press, Jumat (26/5/2023).

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah dua pesawat tanpa awak menyerang sebuah kota Rusia di wilayah yang berdekatan dengan Semenanjung Crimea yang telah dianeksasi Rusia.

Sementara itu, Ukraina menuduh pasukan Rusia dituding menyerang sebuah klinik di Dnipro, Ukraina tengah, yang mengakibatkan dua orang tewas dan 23 lainnya terluka, termasuk dua anak-anak.

Selain itu, rudal S-300 Rusia menghantam sebuah bendungan di distrik Karlivka di provinsi Donetsk Ukraina bagian timur, yang membuat pemukiman di sekitarnya terancam banjir parah.

Graivoron, sebuah kota di Belgorod yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari perbatasan Ukraina, diserang selama beberapa jam, dengan empat rumah, sebuah toko, pipa gas, dan saluran listrik mengalami kerusakan, kata Gubernur Vyacheslav Gladkov.

Lebih dekat ke perbatasan, sebuah pusat rekreasi, sebuah toko, dan sebuah rumah kosong mengalami kerusakan di desa Glotovo. Seorang perempuan terluka ketika desa terdekat, Novaya Tavolzhanka, ditembaki, kata Gladkov.

Minggu ini, wilayah Belgorod menjadi sasaran salah satu serangan lintas perbatasan paling serius dari Ukraina sejak perang dimulai 15 bulan yang lalu.

Baca Juga: Rusia Klaim Berhasil Tewaskan 70 Personel Sabotase Ukraina di Belgorod

Lapis baja Ukraina sisa pertempuran di Belgorod. Rusia menuduh Ukraina kembali melakukan serangan militer ke wilayah Belgorod di selatan Rusia yang berbatasan dengan Ukraina melalui salvo tembakan artileri, mortir, dan pesawat tanpa awak hari Jumat (26/5/2023). (Sumber: AP Photo)

Rincian serangan tersebut masih samar. Rusia menyalahkan pasukan Ukraina, tetapi dua kelompok Rusia mengaku terlibat dengan tujuan menjatuhkan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan menyerang desa-desa Rusia dekat perbatasan Ukraina.

Pejabat di kota Krasnodar di selatan Rusia, di wilayah yang sama dengan Crimea, mengatakan dua pesawat tanpa awak menyerang kota tersebut. Saksi mata mengatakan kepada media setempat bahwa mereka mendengar suara seperti suara motor matic dan kemudian dua ledakan.

Ledakan itu merusak atap sebuah gedung dan memecahkan jendela di gedung apartemen.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x