Kompas TV internasional kompas dunia

Indiana Jones Bikin Heboh Festival Film Cannes, Harrison Ford Persembahkan Pecutan Terakhir

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 06:40 WIB
indiana-jones-bikin-heboh-festival-film-cannes-harrison-ford-persembahkan-pecutan-terakhir
Indiana Jones and the Dial of Destiny menghebohkan festival film Cannes, kembali ke bioskop untuk edisi terakhir, dengan Harrison Ford tampil spektakuler dengan pecutnya yang legendaris (Sumber: NDTV/Indiana Jones)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

CANNES, KOMPAS.TV - Festival Film Cannes menghormati ikon yang dikagumi di tahun 1980-an lainnya dengan pemutaran perdana dunia "Indiana Jones and the Dial of Destiny".

Film ini menampilkan lagi Harrison Ford dengan pecut legendarisnya kembali ke Riviera Prancis dan menggembirakan para penggemar Indiana Jones alias Indy yang mengenakan topi fedora di sepanjang Croisette.

Menggunakan topi fedora ikonik Indiana Jones, jaket kulit, kemeja safari, dan celana khaki, Marco Vendramini, seorang pengacara asal Italia berusia 39 tahun, terlihat sangat cocok saat berdiri di luar Palais des Festivals Cannes pada Kamis pagi (18/5/2023). Ia dengan sabar menunggu pahlawan masa kecilnya muncul di karpet merah di akhir hari.

Sebagai seorang pengacara dan penggemar Indy sejati, Vendramini tiba di Cannes pukul 3 pagi setelah perjalanan selama enam jam dari kampung halamannya di Padua. Ia tidur sejenak selama beberapa jam di sebuah tempat parkir mobil terdekat sebelum bergabung dengan penggemar Indy lainnya dalam antrian yang terus bertambah di Croisette.

Ini bukan kali pertama penggemar Indy ini berusaha sejauh itu untuk melihat sekilas bintang film favoritnya. Pada bulan Oktober 2021, ia terbang ke Sisilia setelah mengetahui bahwa para kru sedang syuting adegan film di kota indah Cefalu. Taruhannya berhasil, seperti yang terlihat dalam foto dia berpose dengan Ford dan peniru Indy lainnya.

"Jika saya bisa mendapatkan tanda tangan di foto ini, itu akan membuat saya senang seharian," katanya, sambil mengangkat cetakan besar foto dari Cefalù.

"Jika dia membawa saya masuk untuk pemutaran film, itu akan menjadi lebih baik."

Menyusul jejak "Top Gun: Maverick", pemutaran perdana yang mendapat sorotan di festival tahun ini, "Dial of Destiny" karya James Mangold mendapat perlakuan film besutan Tom Cruise itu dengan pemutaran gala khusus di Grand Théâtre Lumière yang di luar kompetisi.

Baca Juga: Pulih Dari Cedera Bahu, Harrison Ford Lanjutkan Syuting 'Indiana Jones 5'

Indiana Jones and the Dial of Destiny, kembali membawa Harrison Ford kembali ke Riviera Prancis dan menggembirakan para penggemar Indiana Jones atau Indy yang mengenakan topi fedora di sepanjang Croisette. (Sumber: France24/AP Photo)

Disney, yang kini punya hak atas waralaba "Indiana Jones", berharap festival film paling mewah di dunia ini akan menjadi batu loncatan untuk seri terbarunya - seperti halnya kesuksesan film sekuel "Top Gun".

Di barisan paling depan di luar Palais, di tempat yang sama dengan tahun lalu, Martine, seorang pengunjung tetap Cannes, mengatakan pemutaran perdana "Top Gun" - yang melibatkan Angkatan Udara Prancis untuk menghormati Tom Cruise dengan aksi terbang yang spektakuler - menjadi salah satu momen paling berkesan dalam cintanya dengan festival ini selama beberapa dekade.

Martine yang berusia 79 tahun ini yang enerjik, berambut pirang dan dijuluki "Sharon Stone" oleh teman-temannya, juga mengingat kunjungan terakhir Ford ke Cannes, hampir satu dekade yang lalu untuk pemutaran film "The Expendables", saat itu dia naik tank era Soviet bersama Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, dan pahlawan aksi lainnya yang pasti sudah melewati masa jayanya.

"Itu adalah pertunjukan luar biasa, pertunjukan Hollywood pada puncaknya," katanya dengan mata berbinar-binar.

"Stallone bersikeras menyapa setiap orang dari kami sebelum masuk ke dalam gedung - saya harap Ford melakukan hal yang sama hari ini."

Piala Kehormatan Seperti yang terjadi pada Cruise tahun lalu, Ford disambut dengan standing ovation yang meriah pada pemutaran perdana gala Kamis ini, dan diberi penghargaan Palme d'Or khusus untuk karier panjang dan cemerlangnya yang melibatkan peran ikonik dalam 50 tahun terakhir, mulai dari Han Solo dalam waralaba "Star Wars" hingga Rick Deckard dalam "Blade Runner".

"Saya sangat terharu. Saya sangat tersentuh dengan ini," ujarnya kepada penonton, terlihat terharu saat memandang sekeliling teater yang luas.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x