Kompas TV internasional kompas dunia

Kepala Militer Sudan Bekukan Rekening Bank Kelompok Rival dalam Pertempuran Mengendalikan Negara

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 12:44 WIB
kepala-militer-sudan-bekukan-rekening-bank-kelompok-rival-dalam-pertempuran-mengendalikan-negara
Jenderal Abdel Fattah Burhan, komandan resmi angkatan bersenjata Sudan. Kepala militer Sudan memerintahkan pembekuan seluruh rekening bank kekuatan paramiliter pesaingnya, menjadi langkah terbaru pertempuran untuk mengambil kendali negara yang kaya sumber daya tersebut, seperti laporan Associated Press, Selasa, (16/5/2023). (Sumber: Mwanzo TV)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

KAIRO, KOMPAS.TV - Kepala militer Sudan memerintahkan pembekuan seluruh rekening bank kekuatan paramiliter pesaingnya. Hal ini  menjadi langkah terbaru pertempuran untuk mengambil kendali negara yang kaya sumber daya tersebut, seperti laporan Associated Press, Selasa, (16/5/2023).

Kedua belah pihak bertempur sengit selama beberapa minggu di seluruh Sudan, mendorong negara yang bermasalah hingga ke ambang perang yang meluas.

Dekrit yang dikeluarkan pada hari Minggu (14/5/2023) oleh Jenderal Abdel Fattah Burhan, menargetkan rekening resmi Pasukan Dukungan Cepat (Rapid Support Forces/RSF) di bank-bank Sudan, serta rekening-rekening semua perusahaan yang dimiliki oleh kelompok tersebut, seperti laporan kantor berita negara SUNA hari Selasa (16/5/2023).

Masih belum jelas apa dampak langsung yang akan terjadi akibat pembekuan tersebut terhadap RSF dan bagaimana perintah Burhan akan dilaksanakan.

Selama satu dekade terakhir, kekuatan paramiliter ini telah mengumpulkan kekayaan besar melalui akuisisi bertahap lembaga keuangan Sudan dan cadangan emas.

Pada hari Minggu, Burhan mengganti Gubernur Bank Sentral Sudan. Pada hari Senin, dia mengganti Kepala Kepolisian Negara dan memecat dua duta besar di Kementerian Luar Negeri. Burhan tidak memberikan penjelasan tentang langkah-langkahnya.

Baca Juga: Penyanyi Terkenal Sudan Tewas Jadi Korban Perang, Sempat Ungkap Berusaha Sembunyi dari Tembakan

Sejumlah kendaraan militer yang hancur terlihat di bagian selatan Khartoum, ibu kota Sudan, pada Kamis, 20 April 2023. Kepala militer Sudan memerintahkan pembekuan seluruh rekening bank kekuatan paramiliter pesaingnya, menjadi langkah terbaru pertempuran untuk mengambil kendali negara yang kaya sumber daya tersebut, seperti laporan Associated Press, Selasa, (16/5/2023). (Sumber: AP Photo/Marwan Ali)

Sejak pertengahan April, tentara Sudan yang dipimpin oleh Burhan dan RSF yang dikomandoi oleh Mohamed Hamdan Dagalo, terjebak dalam perebutan kekuasaan yang memaksa puluhan ribu orang melarikan diri ke negara tetangga.

Kekacauan merebak di sebagian besar negara sejak konflik pecah. Ibu kota Khartoum telah berubah menjadi medan perang perkotaan dan wilayah Darfur barat dikejutkan oleh bentrokan suku yang mematikan.

Kekerasan juga telah menewaskan lebih dari 600 orang, termasuk banyak warga sipil, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x