Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Melakukan Kunjungan Mendadak ke Prancis, Ada Apa?

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 09:15 WIB
zelenskyy-melakukan-kunjungan-mendadak-ke-prancis-ada-apa
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) di Istana Elysse, Paris, Prancis. Zelenskyy melakukan kunjungan rahasia yang baru diketahui beberapa menit sebelum kedatangannya ke Paris, Prancis. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

PARIS, KOMPAS.TV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy secara mendadak melakukan kunjungan ke Paris, Prancis, untuk menemui Presiden Prancis Emmanuel Macron, Minggu (14/5).

Dalam pertemuan ini, Prancis menjanjikan bantuan militer tambahan untuk Ukraina, termasuk tank ringan, kendaraan lapis baja, pelatihan untuk tentara dan bantuan lainnya saat Ukraina bersiap untuk melakukan serangan balasan terhadap pasukan Rusia.

Volodymyr Zelenskyy dari Ukraina dan Emmanuel Macron dari Prancis bertemu selama sekitar tiga jam di Istana kepresidenan Prancis Elysee. Pertemuan ini dirahasiakan hingga tak lama sebelum kedatangan Zelenskyy.

Zelenskyy tiba di Paris melalui Jerman dengan menggunakan jet pemerintah Prancis. Dia memperpanjang tur multi-stop di Eropa.

Ukraina berencana untuk melakukan serangan dengan harapan dapat merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia. Bantuan militer menjadi agenda utama pertemuan ini. 

Baca Juga: Zelenskyy Tegaskan Serangan Balik Ukraina Tidak Akan Menyerang Wilayah Teritorial Rusia

Kantor Macron mengatakan Prancis akan memasok lusinan tank ringan dan kendaraan lapis baja dalam beberapa minggu ke depan, tanpa memberikan jumlah spesifik. Prancis juga menjanjikan lebih banyak sistem pertahanan udara, tetapi sekali lagi rinciannya tidak dipublikasikan.

Lebih banyak warga Ukraina juga akan siap tempur. Prancis berencana akan melatih sekitar 2.000 tentara Ukraina di Prancis tahun ini dan hampir 4.000 lainnya akan berlatih di Polandia sebagai bagian dari upaya Eropa yang lebih luas.


 

Dalam sebuah pernyataan, Prancis menggambarkan dukungannya untuk kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina yang tidak boleh tergoyahkan. Dia berjanji bahwa bantuan politik, ekonomi, kemanusiaan, dan militernya akan berlanjut selama diperlukan.

Dalam sebuah tweet pada kedatangannya, Zelenskyy mengatakan, “Dalam setiap kunjungan, kemampuan pertahanan dan ofensif Ukraina terus berkembang. Ikatan dengan Eropa semakin kuat, dan tekanan terhadap Rusia semakin meningkat."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x