Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Umumkan Dua Komandan Militer Setingkat Kolonel Tewas di Ukraina

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 07:23 WIB
rusia-umumkan-dua-komandan-militer-setingkat-kolonel-tewas-di-ukraina
Rusia hari Minggu, (14/5/2023) mengumumkan dua komandan militer mereka tewas dalam pertempuran di dekat Bakhmut, wilayah timur Ukraina. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia hari Minggu, (14/5/2023) mengumumkan dua komandan militer mereka tewas dalam pertempuran di dekat Bakhmut, wilayah timur Ukraina, seperti laporan Straits Times, Senin (15/4/2023).

Dalam pengumuman langka mengenai kerugian mereka di medan perang, kementerian pertahanan Rusia menyatakan komandan Brigade Rifle Motoris ke-4, Kolonel Vyacheslav Makarov, dan wakil komandan Korps Angkatan Darat untuk urusan militer-politik, Kolonel Yevgeny Brovko, tewas dalam pertempuran di Ukraina timur.

Pengumuman ini datang saat pertempuran sengit terjadi untuk menguasai Bakhmut di wilayah timur Donetsk.

Kolonel Makarov tewas saat brigadenya menahan serangan pasukan Ukraina di sebelah selatan permukiman Krasne, demikian disampaikan dalam pernyataan juru bicara kementerian pertahanan Rusia, Letjen Igor Konashenkov.

"Komandan Brigade Infanteri Mekanis ke-4, Kolonel Vyacheslav Makarov, secara pribadi memimpin pertempuran di garis depan. Dua serangan musuh berhasil dipukul mundur, dan para prajurit brigade menghancurkan tiga tank, empat kendaraan tempur infanteri, dan dua kendaraan lapis baja dari Pasukan Bersenjata Ukraina. Selama pertahanan melawan serangan ketiga, komandan brigade terluka parah dan meninggal saat dievakuasi dari medan perang," kata Konashenkov.

Konashenkov juga menginformasikan tentang kematian wakil komandan korps tentara untuk urusan militer-politik, Kolonel Yevgeny Brovko, yang memimpin upaya personel.

"Selama pertempuran untuk memukul mundur salah satu serangan, Kolonel Yevgeny Brovko gugur dengan pahlawan setelah menerima luka-luka pecahan yang berulang," kata Konashenkov.

Kolonel Brovko tewas saat pasukan Rusia mematahkan serangan di tempat lain, kata kementerian, dengan menyebut bahwa ia "gugur sebagai pahlawan setelah menerima luka pecahan peluru yang banyak."

Merujuk kepada kelompok bayaran Wagner, Moskow mengatakan "pasukan penyerang" terus berperang untuk menguasai bagian barat Bakhmut dengan dukungan pasukan udara.

Baca Juga: Ukraina Klaim Merebut Basis dan Jalur Logistik Dekat Bakhmut, Rusia Katakan Berhasil Pukul Balik

Tentara Ukraina menembakkan artileri ke arah posisi pasukan Rusia di dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, 20 November 2022. Rusia hari Minggu, (14/5/2023) mengumumkan dua komandan militer mereka tewas dalam pertempuran di dekat Bakhmut, wilayah timur Ukraina. (Sumber: AP Photo/LIBKOS)

"Selama 24 jam terakhir, musuh telah melakukan upaya besar untuk menembus pertahanan pasukan kami di utara dan selatan Artemovsk," demikian disebutkan oleh kementerian, merujuk Bakhmut dengan nama Rusia-nya. "Semua serangan pasukan bersenjata Ukraina telah dipatahkan," demikian disampaikan. Rusia telah merahasiakan kerugian mereka di Ukraina.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengatakan pada tahun 2022 bahwa 5.937 tentara Rusia tewas di Ukraina, meskipun analis militer mengatakan Moskow berupaya menyembunyikan skala kerugian mereka.

Dalam perkembangan lainnya menurut laporan media Barat, Associated Press, Minggu, (14/5/2023), pembantu utama Zelenskyy, Andriy Yermak, hari Minggu mengatakan lima warga sipil tewas di wilayah Kherson selatan Ukraina ketika proyektil Rusia yang belum meledak meledak. Gubernur regional, Oleksandr Prokudin, mengatakan satu warga Kherson meninggal dalam serangan tembakan.

Dua orang tewas dalam serangan tembakan Rusia di wilayah Kharkiv, kata gubernur Oleh Syniehubov.


 

Semalam, Rusia melancarkan serangan "massal" terhadap Ukraina dengan menggunakan pesawat tanpa awak peledak Shahed buatan Iran, yang melukai lebih dari 30 orang, menurut pihak militer Ukraina.

Delapan belas dari 23 pesawat tanpa awak berhasil ditembak jatuh, tetapi yang berhasil mencapai target dan puing-puing yang diintersepsi merusak 50 bangunan apartemen, rumah pribadi, dan bangunan lainnya, kata militer tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Rusia juga menyerang kota barat Ternopil dan kota selatan Mykolaiv dengan roket, melukai sejumlah warga sipil yang belum dapat dijabarkan jumlahnya.



Sumber : Straits Times/Associated Press/TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x