Kompas TV internasional kompas dunia

Informasi Terbaru Perang Rusia Ukraina hingga Akhir Pekan Ini, Menurut Laporan Media Barat

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 05:36 WIB
informasi-terbaru-perang-rusia-ukraina-hingga-akhir-pekan-ini-menurut-laporan-media-barat
Gedung apartemen di Uman, Ukraina Tengah, terkena hantaman rudal Rusia, Jumat, (28/4/2023). Berikut adalah pembaruan dari sudut pandang media Barat mengenai konflik Rusia-Ukraina pada akhir pekan ini hingga Sabtu, (14/5/2023) (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV - Berikut adalah pembaruan dari sudut pandang media Barat mengenai konflik Rusia-Ukraina pada akhir pekan ini.

Seperti dilaporkan oleh Associated Press, Minggu (14/5/2023), beberapa unit Ukraina terus mendorong maju di dekat Bakhmut. Hal ini seperti dikatakan komandan pasukan darat Ukraina pada Sabtu (13/5) kemarin hanya satu hari setelah para komandan Ukraina mengatakan pasukan mereka merebut kembali wilayah di tempat pertempuran terpanjang dan berdarah dalam perang ini.

"Operasi pertahanan di area Bakhmut masih berlanjut. Pasukan kami sedang maju di beberapa sektor garis depan, dan musuh kehilangan peralatan dan personel," tulis Oleksandr Syrskyi dalam pembaruan melalui Telegram.

Pada Sabtu kemarin, serangan artileri Rusia melukai sedikitnya tujuh warga sipil di bagian selatan dan timur laut Ukraina, demikian disampaikan oleh pejabat regional Ukraina.

Dua perempuan, seorang pria, dan seorang remaja laki-laki terluka akibat serangan artileri pasukan Rusia di desa Khatnie, di wilayah Kharkiv timur laut, demikian disampaikan oleh kantor jaksa setempat.

Serangan artileri juga menghantam pusat Huliaipole, sebuah kota di provinsi Zaporizhzhia selatan, dan melukai seorang warga sipil, kata ajudan presiden Andriy Yermak. Dua warga sipil lainnya terluka di desa Chornobaivka, di wilayah Kherson tetangga, demikian disampaikan oleh pejabat lainnya.

"Serangan artileri Rusia yang masif semalam juga merusak fasilitas energi di wilayah Khmelnytskyi barat Ukraina," kata Kementerian Energi Ukraina pada Sabtu pagi.

Kementerian tersebut menambahkan bahwa pasokan listrik di wilayah tersebut tidak terpengaruh.

Wali kota ibu kota regional tersebut mengatakan 11 warga sipil terluka atau terluka semalam akibat serangan peluru kendali Rusia, dan menambahkan bahwa ratusan bangunan tempat tinggal di kota tersebut juga rusak akibat serangan tersebut.

Baca Juga: Ukraina Klaim Merebut Basis dan Jalur Logistik Dekat Bakhmut, Rusia Katakan Berhasil Pukul Balik



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x