Kompas TV internasional kompas dunia

Turki Gelar Pemilu Presiden dan Parlemen pada 14 Mei, Ini Hal Penting bila Berencana Pergi ke Turki

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 02:05 WIB
turki-gelar-pemilu-presiden-dan-parlemen-pada-14-mei-ini-hal-penting-bila-berencana-pergi-ke-turki
Hari Minggu, 14 Mei, rakyat Turki akan memberikan suara mereka untuk menentukan presiden negara dan pembagian kursi parlemen. Pemilihan umum di Turki diadakan setiap lima tahun sekali, dan hari pemilihan presiden ditentukan dan diawasi oleh Dewan Pemilihan Umum (YSK), lembaga independen yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pemilihan yang adil dan transparan di Turki. (Sumber: Daily Sabah)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Hari Minggu, 14 Mei, rakyat Turki akan memberikan suara mereka untuk menentukan presiden negara dan pembagian kursi parlemen.

Seperti dilaporkan oleh Daily Sabah, Jumat (12/5/2023), pemilihan umum di Turki diadakan setiap lima tahun sekali, dan hari pemilihan presiden ditentukan dan diawasi oleh Dewan Pemilihan Umum (YSK), lembaga independen yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pemilihan yang adil dan transparan di Turki.

Pemilihan umum ini biasanya dilaksanakan pada hari Minggu, dan warga negara Turki yang berusia 18 tahun atau lebih dapat memberikan suara dalam pemilihan ini. Setelah pemungutan suara selesai, suara akan dihitung, dan YSK akan mengumumkan hasilnya.

Meskipun ini adalah pemilihan umum dan pemilihan presiden, dalam kasus terakhir, calon yang mendapatkan lebih dari 50% suara akan terpilih sebagai presiden.

Jika tidak ada calon yang mendapatkan lebih dari 50% suara, putaran kedua pemilihan akan dilaksanakan antara dua calon dengan jumlah suara terbanyak pada putaran pertama, yang akan berlangsung pada Minggu, 28 Mei.

Informasi Bila Anda Berencana Ada di Turki saat Pemilu

Yang pertama dan utama, jika Anda berada di Turki saat ini, Anda mungkin telah melihat peningkatan propaganda partai politik.

Mulai dari pertemuan yang dihadiri jutaan orang, bus kampanye yang memutar musik dan slogan, 10 hari sebelum pemilihan, yang merupakan waktu yang diperuntukan untuk kampanye sebelum pemilihan umum, dapat membuat beberapa jalan lebih ramai dan berisik dari biasanya.

Bus partai politik cenderung memutar musik kampanye dan pidato melalui pengeras suara yang berkeliling di jalan-jalan di daerah perkotaan, terutama saat ada pertemuan kampanye di lapangan kota atau taman tertentu.

Hal ini berarti akses ke beberapa jalan mungkin terbatas atau terlalu ramai untuk dilalui. Duduk di luar dan menikmati secangkir teh bisa menghadapi gangguan dan kebisingan karena konvoi kampanye diperkirakan akan melintasi jalan-jalan paling padat di kota dan kota kecil.

Kebebasan untuk melakukan kampanye dan propaganda yang diperbolehkan selama 10 hari sebelum pemilihan akan berakhir pada Pukul 18.00, 13 Mei. Menerbitkan jajak pendapat, survei, atau segala sesuatu yang dapat memengaruhi pemilih juga dilarang selama 10 hari setelah pemilihan negara ini.

Baca Juga: Kampanye Oposisi di Turki Diserang, Pejabat Pro-Erdogan dan Polisi Dituduh Terllibat

Pemilu sebelumnya di Turki. Hari Minggu, 14 Mei, rakyat Turki akan memberikan suara mereka untuk menentukan presiden negara dan pembagian kursi parlemen. Pemilihan umum di Turki diadakan setiap lima tahun sekali, dan hari pemilihan presiden ditentukan dan diawasi oleh Dewan Pemilihan Umum (YSK), lembaga independen yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pemilihan yang adil dan transparan di Turki. (Sumber: Daily Sabah)

Apa yang Perlu Diketahui tentang Hari Pemilihan

Pada hari Minggu, 14 Mei, pemilihan presiden dan parlemen Türkiye akan ditentukan oleh total 64,1 juta pemilih baik di Türkiye maupun di luar negeri. Dari jumlah tersebut, 32,3 juta pemilih terdaftar adalah perempuan, sedangkan 31,8 juta adalah laki-laki.

Dari jumlah tersebut, hampir satu juta orang adalah penyandang disabilitas, sedangkan hampir 3,2 juta pemilih berusia di atas 75 tahun. Tempat pemungutan suara telah didirikan di 74 negara berbeda dan pada 9 Mei, pemungutan suara di luar negeri telah berakhir.

Jam pemungutan suara akan berlangsung dari Pukul 8 pagi hingga Pukul 5 sore. Ini berarti mereka yang wajib memilih harus mendapatkan prioritas dalam transportasi dan menghindari daerah yang ramai.




Sumber : Daily Sabah


BERITA LAINNYA



Close Ads x